Pilih Beli Mobil Baru Atau Bekas?

Pilih Beli Mobil Baru Atau Bekas

Pelitabanten.com – Alasan seseorang ingin memiliki mobil sendiri adalah untuk menunjang aktifitas hariannya. Orang tidak mau repot menyewa atau naik kendaraan umum untuk membawa anggota keluarga ke suatu tempat. Namun yang menjadi masalah, seseorang kadang bingung untuk memutuskan tentang apakah harus membeli mobil baru atau bekas.

Opsi ini bisa dipilih oleh seseorang. Asalkan memiliki dana yang cukup. Kemudian dana yang dibelanjakan tidak mempengaruhi keuangan keluarga.

Pertanyaannya adalah mana yang terbaik untuk dipilih? Untuk menjawabnya, kami akan tunjukkan seluk beluk dari opsi tersebut di bawah ini.

Sekilas Mengenai Mobil Baru

Mobil baru bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda. Pabrikan kendaraan roda empat sudah memberikan banyak opsi untuk Anda tentukan. Mereknya bervariasi, serta harganya sangat bersaing.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil dalam kondisi baru, Anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Informasi ini penting untuk pengambilan keputusan. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangannya?

  1. Kelebihan Mobil Baru

Mobil baru memang bermunculan di tiap tahunnya. Hampir setiap awal tahun, pabrikan manapun akan merilis kendaraan roda empat di pasaran. Kendaraan ini dirilis untuk memberikan calon pembeli banyak opsi.

Pabrikan ini menawarkan desain yang lebih menawan. Desainnya sudah kekinian dan dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih. Hal ini dilakukan untuk mendukung kenyamanan dalam berkendara.

Selain itu, pembeli mobil baru juga akan mendapatkan layanan gratis seputar servis. Biasanya, dealer akan memberikan garansi service selama beberapa bulan. Misalnya layanan gratis untuk pergantian oli dan cek kesehatan kendaraan.

  1. Kekurangan Mobil Baru

Untuk kekurangannya, mobil baru biasanya dihargai cukup mahal. Terutama mobil yang memang dibuat dengan menyematkan teknologi-teknologi terbaru. Biasanya, pembeli perlu merogoh saku cukup dalam.

Kemudian, premi asuransi untuk kendaraan juga cukup besar. Tetapi ini masih bisa diakali. Namun jika Anda teliti untuk memilih perusahaan asuransi, biaya asuransi mobil ini bisa dikatakan cukup murah.

Sekilas Mengenai Mobil Bekas

Mobil bekaspun tidak masalah untuk dibeli. Kenapa? Karena mobil bekas juga banyak yang masih bagus. Kenyataannya, pemilik sebelumnya bisa saja menjual kendaraan roda empatnya meskipun baru dioperasikan setahun. Alasannya adalah ingin menggantinya dengan keluaran terbaru yang lebih menarik.

Meskipun begitu, Anda perlu memahami beberapa hal agar dana yang dibelanjakan terbilang tepat. Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya seperti di bawah ini.

  1. Kelebihan Mobil Bekas

Kelebihan utama yang Anda dapatkan ketika membeli mobil ini terletak pada biaya. Harga kendaraan terbilang lebih murah. Meskipun kendaraan tersebut baru digunakan 6 bulanan, kendaraan bekas ini harganya bisa turun puluhan juta rupiah.

Tidak hanya itu saja, performa kendaraan juga masih bagus. Dengan catatan, pemilik sebelumnya rajin melakukan perawatan. Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan mobil bagus dengan harga murah.

Kelebihan lainnya, pajak kendaraan masih terhitung murah. Tentunya bila dibandingkan dengan mobil baru. Tapi situasi ini juga harus dilihat dari nilai pembelian kendaraan itu sendiri.

Bila nilai pembeliannya di atas 500 juta rupiah, tentunya mobil itu memiliki pajak yang besar. Karena mobil ini masuk dalam kategori mobil mewah meskipun bekas.

Kelebihan lainnya, Anda tidak akan terpengaruh dengan turunnya harga jual yang tinggi ketika memutuskan untuk menjualnya kembali. Ada kemungkinan jika turunnya hanya sekian persen dari nilai pembelian mobil bekas sebelumnya.

  1. Kekurangan Mobil Bekas

Untuk kekurangannya, Anda tidak mendapatkan layanan service gratis dari dealer resmi. Ketika mobil rusak, Anda perlu mengeluarkan biaya perbaikan sendiri. Kecuali jika Anda mengasuransikan kendaraan ini. Misalnya di Futuready.com.

Selain itu, Anda perlu lebih teliti ketika melakukan pembelian. Pengecekan beberapa kali wajib dilakukan. Hal ini membutuhkan waktu agar terhindar dari keliru membeli mobil yang rentan untuk diservice secara berulang.

Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Baik mobil baru ataupun bekas, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membelinya. Diantara pertimbangan yang harusnya dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Budget

Pertimbangan paling utama adalah biaya untuk pembelian kendaraan. Anda memang harus memikirkannya dengan matang. Jangan sampai membeli kendaraan yang nantinya bisa mempengaruhi keuangan keluarga.

Meskipun Anda membelinya secara kredit, Anda tetap harus memikirkannya. Kalkulasikan dengan benar mengenai biaya angsurannya. Setidaknya, dana yang digunakan tidak membuat masalah baru dalam keuangan rumah tangga.

  1. Nilai Jual Kembali

Pertimbangan kedua adalah stabilnya nilai jual kendaraan. Pertimbangan ini sangat berguna untuk Anda yang gemar gonta-ganti kendaraan. Atau sesekali ingin mengganti kendaraan yang lebih baru lantaran dibutuhkan.

Pastikan untuk melihat jenis kendaraan apa yang masih memiliki harga stabil ketika dijual kembali. Normalnya, ada beberapa merek kendaraan roda empat yang harganya tidak terjun terlalu dalam. Ketika membelinya dan ingin menjualnya suatu saat, Anda tidak akan merugi sampai puluhan juta rupiah.

  1. Sesuai Kebutuhan

Pertimbangan selanjutnya adalah sesuai kebutuhan. Maksudnya adalah apakah mobil ini nantinya digunakan sebagai mobil keluarga atau mobil yang lebih pribadi. Anda harus melihat untuk apa kendaraan tersebut.

Ilustrasinya, Anda membeli mobil sport, padahal Anda akan menggunakannya untuk mengantar seluruh anggota keluarga. Misalnya untuk mudik ataupun liburan.

Setelah mempertimbangkan ketiga hal di atas, Anda bisa memutuskan untuk memilih mobil di dealer yang dituju. Agar Anda tidak kehabisan dana, sebaiknya cermat dalam menentukan waktu pembelian.

Biasanya, mobil baru maupun bekas akan dijual dengan harga yang lebih murah di akhir tahun. Ini biasanya dimanfaatkan oleh para pembeli. Biasanya, orang-orang telah mengincar mobil di sebuah dealer. Ketika memasuki akhir tahun, seseorang datang untuk melakukan pembelian lantaran dealer sedang cuci gudang.