Beranda Peristiwa Nasional Garuda Aksi Siaga Membangun Senyum di Pulau Lombok

Garuda Aksi Siaga Membangun Senyum di Pulau Lombok

660
Garuda Aksi Siaga Membangun Senyum di Pulau Lombok

JAKARTA, Pelitabanten.com – 574 kali rentetan gempa yang terjadi sejak 29 Juli hingga 19 Agustus 2018, membuat pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, luluh lantak. Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga 20 Agustus 2018, dikonfirmasi 515 jiwa meninggal dunia, lebih dari 7,000 orang mengalami luka-luka, dan jumlah pengungsi mencapai sekitar 431 ribu orang – tersebar di berbagai pos pengungsian.

Memasuki periode pemulihan pasca bencana, organisasi kemanusiaan Komunitas Lingkar Profesi Generasi Paripurna Cendekia (Korps Garuda), bersama komunitas pemuda hijrah Terang Jakarta akan menggelar rangkaian kegiatan bertajuk ‘Membangun Senyum di Pulau Lombok’ pada 18 – 20 September 2018, bertempat di posko pengungsi Garuda Aksi Siaga (GAS) Lombok Barat di Dusun Wadon, Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari. Kegiatan ini bertujuan memulihkan semangat para korban dan pengungsi terdampak bencana, agar dapat kembali aktif menjalankan mata pencaharian masing-masing.

Adapun agenda kegiatan ‘Membangun Senyum di Pulau Lombok’ antara lain:

  • Trauma and mental healing oleh tim psikolog Korps Garuda dan Ustadz Abu Fida
  • Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis oleh tim medis Korps Garuda
  • Penyaluran donasi dan bantuan kemanusiaan
  • Pembangunan sekolah semi-permanen di Lombok Timur
  • Pembangunan rumah ibadah di Pondok Pesantren Darul Qur’an Lombok Barat
  • Pembangunan sedikitnya 10 unit rumah hunian sementara

“Diluar sandang pangan, saat ini penting bagi warga, para petani dan nelayan ini untuk dapat kembali produktif. Kegiatan trauma healing di posko Lombok Barat yang menampung 247 KK, 726 pengungsi ini adalah awal. Setelah ini insya Allah kami jadwalkan kegiatan serupa di posko Lombok Utara dan Lombok Timur,” kata Oji Manurung, Ketua Korps Garuda. “Hari ini 80% donasi yang terkumpul dari masyarakat telah kami distribusikan dalam bentuk suplai logistik dan sembako seperti bahan makanan, peralatan mandi, pembalut wanita, pampers bayi dan lansia, pakaian layak pakai, dan lain-lain,” jelasnya.

Korps Garuda terus mengundang masyarakat Indonesia dan dunia untuk berkontribusi memenuhi kebutuhan pengungsi yang masih dibutuhkan melalui posko #GAS yakni peralatan mandi, pakaian, selimut, alat pendidikan, peralatan ibadah. Bantuan dapat dikirimkan langsung ke alamat dibawah ini:

Posko Logistik #GarudaAksiSia.ga #GAS

Jl. Raya Meninting no.27, Meninting, Batulayar 83355, Lombok, Indonesia.

Donasi dapat juga disalurkan melalui rekening BNI Syariah: 6000-333-19 atas nama Yayasan Generasi Paripurna Cendekia.