Beranda Peristiwa Kabupaten Tangerang Sukseskan Imunisasi Difteri, Nanang Kurniawan: Bangsa Besar Perlu Generasi Muda yang Sehat

Sukseskan Imunisasi Difteri, Nanang Kurniawan: Bangsa Besar Perlu Generasi Muda yang Sehat

Sukseskan Imunisasi Difteri, Nanang Kurniawan Bangsa Besar Perlu Generasi Muda yang Sehat

TANGERANG, Pelitabanten.com – Guna mencegah terjadinya penularan difteri yang sempat terjadi di beberapa wilayah di Tanah Air, SMPN 2 Pagedangan Kabupaten Tangerang bekerja sama dengan Puskesmas setempat melakukan Outbreak Responden Imunization (ORI) yaitu imunisasi difteri ulang pada Senin (10/9).

Terkait hal ini, praktisi pendidikan Dr (Can) H Nanang Kurniawan M.Pd yang turut mendampingi pelaksanaan kegiatan imunisasi difteri ini mengatakan, program ORI tersebut dapat memutus penularan dan menurunkan jumlah kasus difteri.

“Kegiatan imunisasi difteri ini sekaligus mencegah meluasnya penyakit difteri. Sekolah dan Puskesmas memfasilitasi siswa yang belum mendapatkan imunisasi difteri. Ini sangat membantu siswa dan kita bangsa yang besar perlu generasi muda yang harus sehat, kuat dan cerdas,” kata Nanang Kurniawan yang juga selaku calon anggota legislatif (caleg) Provinsi Banten dari PDI Perjuangan.

Seperti diketahui, pelaksanaan ORI atau imunisasi difteri ulang tengah dilakukan oleh tiga provinsi yaitu Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Imunisasi difteri serentak di tiga provinsi ini dilakukan sejak Januari 218 di sekolah, puskesmas, posyandu, rumah sakit, dan fasilitas kesehatan lainnya.

Sukseskan Imunisasi Difteri, Nanang Kurniawan Bangsa Besar Perlu Generasi Muda yang Sehat Sukseskan Imunisasi Difteri, Nanang Kurniawan: Bangsa Besar Perlu Generasi Muda yang SehatPemerintah berharap cara ini dapat menghentikan infeksi bakteri penyebab difteri yang mematikan. “Kita dukung program pemerintah di bidang kesehatan ini. Dan sasaran pelaksanaan ini anak-anak usia 1 hingga 19 tahun,” ujar Nanang Kurniawan.

Baca juga :  Rakorcab PDIP Tangsel,Beri Pembekalan Caleg dan Strategi Pemenangan 2019

Sebelum dilakukan imunisasi, para guru wajib memeriksakan kondisi kesehatan para siswanya. Guru yang bertugas mendampingi siswa yang kurang sehat dan berkonsultasi dengan petugas kesehatan yang bertugas sebelum siswa tersebut diberi imunisasi.

Banten Sehat

Lebih jauh Nanang Kurniawan menjelaskan, program pemerintah yang digulirkan untuk kepentingan kesehatan masyarakat luas tersebut telah mendapat sambutan baik di Kabupaten/Kota se-Banten.

Apalagi, kata Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPC PDI Perjuangan Kab Tangerang ini, langkah pencegahan merupakan hal yang paling efektif untuk penyakit difteri yaitu dengan vaksin.

“Program ini dengan sendirinya akan menjadikan Banten Sehat dan terbebas dari bahaya penyakit menular. Kita akan terus kawal program positif yang dilaksanakan pemerintah dan berharap program-program yang diperuntukkan demi kepentingan masyarakat dalam mewujudkan kehidupan yang lebih baik dapat berjalan efektif sehingga bisa dirasakan secara nyata oleh rakyat,” ujar Nanang Kurniawan.

Terkait kegiatan di bidang kesehatan, Nanang Kurniawan sebelumnya juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan peran strategis Posyandu di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Pihaknya sangat mengapresiasi dedikasi dan semangat para kader Posyandu yang secara sukarela terus melaksanakan dan mengembangkan program kesehatan bagi masyarakat secara rutin.

Baca juga :  Tanggapi Satgas Dana Desa, Nanang Kurniawan: Aduan Masyarakat Demi Kemajuan Desa

“Dengan layanan kesehatan yang baik, mutu dan taraf hidup masyarakat semakin berkualitas dengan adanya generasi penerus bangsa yang sehat dan berpendidikan yang baik,” kata Nanang Kurniawan.