Beranda Peristiwa Kabupaten Tangerang Serap Langsung dari Petani, Nanang Kurniawan Bikin Harga Beras Lebih Murah

Serap Langsung dari Petani, Nanang Kurniawan Bikin Harga Beras Lebih Murah

Serap Langsung dari Petani, Nanang Kurniawan Bikin Harga Beras Lebih Murah
Nanang Kurniawan (tengah)

TANGERANG, Pelitabanten.com – Tidak hanya memerangi gejolak harga yang merugikan petani, namun program penyediaan dan pemasaran beras yang dijalankan H Nanang Kurniawan mampu menjadikan harga jual beras lebih murah bagi masyarakat.

Kalangan ibu rumah tangga mana yang tidak tertarik dengan harga murah bahan kebutuhan pokok?. Bayangkan, beras IR super hanya dibanderol Rp 8.500 per kilogram (kg) atau Rp 42.500 dalam kemasan 5 kg.

“Untuk beras Rojolele super harganya hanya beda sedikit. Harga beras yang dipasarkan ini lebih murah dari harga di pasaran. Program penyediaan bahan pokok murah ini untuk membantu masyarakat, khususnya warga di wilayah Pagedangan, Kabupaten Tangerang,” kata pejuang tani Indonesia H Nanang Kurniawan yang tergabung dalam Toko Tani Indonesia (TTI) di Tangerang, Minggu (9/9).

Menurut Nanang Kurniawan, program Toko Tani Indonesia (TTI) yang dijalankannya untuk mempermudah akses berjaringan antara petani, masyarakat, lembaga keuangan dan sistem transportasi. Sehingga TTI bisa lebih maksimal meningkatkan pelayanannya pada masyarakat yang lebih luas.

Hal ini, kata Nanang, sangat membantu petani mendapatkan harga yang baik untuk menjual produk pertaniannya sekaligus mampu memberikan harga yang jauh lebih murah bagi masyarakat konsumen dengan cara memotong rantai distribusi.

Baca juga :  Foto-foto Bom Sarinah Beredar di Media Sosial

“Beras yang kita jual ini langsung didatangkan dari Kelompok Tani dari kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang,” ujar calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan untuk Provinsi Banten dari daerah pemilihan (Dapil) III Tangerang A ini.

Serap Langsung dari Petani, Nanang Kurniawan Bikin Harga Beras Lebih Murah Serap Langsung dari Petani, Nanang Kurniawan Bikin Harga Beras Lebih Murah

Dengan demikian, Nanang Kurniawan menjelaskan, penyediaan beras oleh Toko Tani Indonesia yang menyerap beras dari produksi pertanian lokal tersebut menunjukan keberpihakan kepada petani untuk memperoleh harga jual yang bagus dan juga menguntungkan konsumen karena harga beras bisa lebih murah, dibandingkan jika jalur distribusi penyaluran dan penyediaan beras yang lebih panjang.

“Jadi kita pesan beras ke petani dan langsung dikirim. Kami memberikan kesempatan kepada warga  untuk membeli bahan pokok dengan harga terjangkau dan berkualitas,” ujar Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPC PDI Perjuangan Kab Tangerang.

Antusias Warga

“Karena harga yang kami tawarkan relatif lebih murah dibanding di pasar-pasar dan kualitasnya bagus, warga sekitar tentunya antusias untuk berbelanja,” kata H Nanang yang mengaku setiap harinya Toko Tani Indonesia ramai didatangi pembeli.

“Saya senang membeli bahan pokok di sini. Dan tentunya cukup membantu warga untuk mendapatkan beras yang lebih murah dibandingkan di pasar,” ujar Ibu Siti, warga Pagedangan yang menentenh beras TTI dalam kemasan 5 kg.

Baca juga :  Polda Banten Tangkap Pelaku Penjual Babby Lobster Senilai Rp.600 Juta

Para ibu rumah tangga pun berharap penyediaan bahan pokok lainnya seperti telur, daging dan lain-lain dapat disediakan di samping beras. “Alhamdulillah kita terbantu dengan tersedianya beras ini, kita mau tepung, telur, daging dan bahan pokok lainnya juga dijual di sini,” ujar ibu rumah tangga.