Beranda Pendidikan Kampus Mahasiswa Ilkom UPH Juara Kompetisi GoPRO

Mahasiswa Ilkom UPH Juara Kompetisi GoPRO

Mahasiswa Ilkom UPH Juara Kompetisi GoPRO

KABUPATEN TANGERANG, PelitaBanten.com – Untuk menjadi profesional harus dilatih sejak dini. Itulah yang diterapkan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Pelita Harapan (UPH), Kristela Margono, Florencia Cindy, dan Rhency. Mereka mengikuti kompetisi GoPRO – Go PR Profesional yang diadakan di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) pada tanggal 3 dan 5 Agustus 2018. Para mahasiswa angkatan 2016 ini meraih juara 3 dengan mengangkat ide peduli pada keberlangsungan hidup satwa laut, khususnya di Ancol.

Kompetisi GoPRO ini adalah lomba bidang public relations yang termasuk dalam rangkaian acara Communication Festival 2018 (Comfest) dari Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAI. GoPRO tahun ini berupa lomba yang bertema kampanye tentang pentingnya menjaga habitat satwa.

Panitia kompetisi ini mengadakan sosialisasi ke berbagai universitas, salah satunya UPH. Saat mendapat informasi tersebut, tanpa pikir panjang Kristela, Florencia, dan Rhency langsung menyusun konsep guna mengikuti tahap seleksi lomba ini.

“Dalam persiapan lomba ini, kami sangat dibantu oleh senior yang sudah pernah mengikuti lomba serupa,” ujar Florencia.

Mengenai alasan mengangkat ide tentang keberlangsungan hidup satwa laut, mereka menilai hal ini penting karena melihat bahwa kebersihan ekosistem laut turut andil dalam menciptakan kehidupan satwa laut yang ideal.

Baca juga :  Sinergi Tiga Pilar Kecamatan Neglasari Bertekad Sukseskan Pilkada Kota Tangerang

Selain UPH, yang berpartisipasi dalam lomba ini adalah Universitas Padjajaran yang mengirimkan dua tim, dan keduanya meraih juara 1 dan 2. Masing-masing mengangkat tema tentang perlindungan Gajah Sumatera dan perlindungan terhadap eksploitasi hewan.

Pada lomba ini, masing-masing tim dipersilahkan untuk mempresentasikan konsep kampanye mereka. Setelah itu terdapat tanya jawab dan terakhir adalah penilaian dari juri.

Keikutsertaan Kristela, Florencia, dan Rhency ini sebenarnya tak lepas dari peran aktif mereka di lingkungan kampus, terutama di Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Komunikasi. Dari situlah mereka belajar tentang bagaimana berorganisasi dan mempersiapkan diri menghadapai lomba. Saat ini Kristela menjabat sebagai Wakil Ketua, Florencia di bagian Penelitian dan Pengembangan (Litbang), dan Rhency sebagai salah satu Kepala Departemen.

Lomba ini adalah keikutsertaan mereka yang pertama. Dengan menangnya karya mereka, Kristela mengaku sangat senang dan bangga. Pihak prodi pun mengapresiasi kemenangan mereka berupa penambahan nilai pada mata kuliah Marketing Public Relations yang dirasa relevan dengan lomba ini. Selanjutnya ketiga mahasiswa ini berantusias untuk mengikuti lomba-lomba public relations yang lain.***

• Ateng Sanusih | Ida Rosidah San