Beranda Jurnalis Warga Meriahkan Asian Games 2018, Polda Metro Jaya Gelar Lomba Lukis Nasional

Meriahkan Asian Games 2018, Polda Metro Jaya Gelar Lomba Lukis Nasional

72
Meriahkan Asian Games 2018, Polda Metro Jaya Gelar Lomba Lukis Nasional
Dalam rangka memeriahkan ajang Asian Games ke-18, Polda Metro Jaya menggelar Lomba Lukis Nasional yang diikuti oleh para perupa se-Indonesia di area parkir Kopi Tiam yang berada dalam Kompleks Gedung Polda Metro Jaya, Jalan Jend Gatot Soebroto, Jakarta. Sabtu, 25 Agustus 2018

JAKARTA, Pelitabanten.com – Dalam rangka memeriahkan ajang Asian Games ke-18, Polda Metro Jaya menggelar Lomba Lukis Nasional yang diikuti oleh para perupa se-Indonesia. Para peserta yang hadir tidak hanya berasal dari wilayah Jakarta saja, namun juga dari beberapa kota di luar daerah, seperti Semarang, Bandung, Kalimantan, dan Papua.

Menurut J.Arya, peserta asal Brebes mengatakan motivasi mengikuti kegiatan ini, selain hadiah yang menggiurkan, ia ingin menambah pengalaman dan menambah teman sesama perupa.

Kegiatan yang diinisiasi oleh jajaran Polda Metro Jaya melalui Bidang Humas Polda Metro Jaya ini bekerjasama dengan KOMPI (Komunitas Pelukis Indonesia). Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari yaitu Sabtu, 25 Agustus 2018, di area parkir Kopi Tiam yang berada dalam Kompleks Gedung Polda Metro Jaya, Jalan Jend Gatot Soebroto, Jakarta.

Menurut Faris Ashshiddieqy, salah seorang panitia mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian aparat kepolisian sebagai lembaga pemerintah kepada masyarakat seni Tanah Air. Selain merangkul para perupa Tanah Air, juga bertujuan untuk membantu memajukan perkembangan senirupa nasional dengan harapan para perupa Tanah Air dapat meningkatkan kreatifitas sehingga nantinya mampu bersaing tidak hanya pada tingkat nasional, namun juga dapat berkompetisi dengan senirupa internasional semisal China atau Negara lain, baik secara kualitas karya maupun sumberdayanya.

Baca juga :  HANYA SEBUAH HARAPAN

“Perkembangan senirupa di tanah air, tentu saja perlu campur tangan pemerintah, dalam hal ini, dilakukan oleh instansi atau lembaga pemerintahan, maka atas dasar itulah Polda Metro Jaya menggagas kegiatan ini,” ujar Faris Ashshiddieqy

Faris juga berharap,  senirupa  dapat menjadi media pemersatu bangsa.

Senada dengan Faris, Abrory Jabar selaku Dewan Pembina Komunitas Pelukis Indonesi (KOMPI) mengatakan, kerjasama dengan Polda Metro Jaya ini merupakan yang keempat kalinya. KOMPI dan Polda Metro Jaya sepakat untuk bekerjsama membuka peluang bagi para perupa guna mengembangkan kreatifitas masing-masing melalui event kesenian yang diselenggarakan bersama.

Dalam menentukan para pemenang, panitia menyediakan hadiah yang sangat menggiurkan. Juara pertama mendapatkan nila uang sebesar 25 juta dan satu buah motor. Faktor ini pulalah yang memikat oara perupa untuk turut serta dalam ajang kesenian yang bertemakan  Dinamika Asian Games untuk turut menyemarakkan pesta olahraga terbesar di Asia. Selain itu, Panitia juga menyeleksi 40 besar karya terbaik.

“Ada sekitar 350 karya dari tiap peserta, karyanya bagus-bagus, sehingga juripun sangat hati- hati dalam menyeleksi para pemenang.”, ucapnya.

Kategori juara terbagi menjadi enam pemenang, juara pertama hingga Juara Harapan 3.

Baca juga :  YS Institute Dilaunching, Empat Hasil Riset Dipublikasi

Acara ditutup dengan pembagian hadiah oleh Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo S.Ik

 

Reporter: Arie Siswana