Beranda Travel Alam Warga Kampung Cacing Dibantu Satpol PP Menata Lingkungan untuk Jadi Destinasi Wisata

Warga Kampung Cacing Dibantu Satpol PP Menata Lingkungan untuk Jadi Destinasi Wisata

99
Warga Kampung Cacing Dibantu Satpol PP Menata Lingkungan untuk Jadi Destinasi Wisata

KOTA TANGERANG, PelitaBanten.com – Kawasan Kampung Cacing di RT 04 RW 03 Kelurahan Karawaci, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang ditata untuk menjadi salah satu destinasi wisata dan sentra niaga cacing untuk pakan ikan.

“Pagi ini kita membantu warga Kampung Cacing untuk menata kawasan tersebut. Kita membantu memindahkan barang-barang milik warga Kampung Cacing dari dalam rumah mereka ke lahan untuk relokasi. Kita juga membantu membongkar bangunan milik mereka,” jelas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Tangerang, Mumung Nurwana saat apel persiapan pelaksanaan membantu warga Kampung Cacing dalam menata lingkungannya, Kamis pagi 23 Agustus 2018.

Dalam pelaksanaan tersebut, Satpol PP Kota Tangerang didukung organisasi perangkat dinas (OPD) terkait, Polri dan TNI. Bersama warga Kampung Cacing, Satpol PP dan OPD terkait menggotong bangunan rumah kayu milik warga setempat ke lahan relokasi.

Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum (Kabid Gakumda) Satpol PP Kota Tangerang, Kaonang SSos MM didampingi Kasi Penegakan, Tatang Sumantri dan Kasi Hubungan Antar Lembaga, Ahmad Payumi di lokasi penataan menjelaskan, kawasan Kampung Cacing dihuni sebanyak 60 kepala keluarga. Oleh pemerintah lahan yang sekarang berdiri bangunan rumah bertingkat terbuat dari kayu dan bambu itu akan dibuatkan turap.

“Kawasan ini akan ditata, bibir sungai Cisadane akan diturap. Pemukiman mereka direlokasi ke satu lahan milik swasta. Mereka tetap tinggal di wilayah ini dan melakukan aktivitas mencari cacing di sungai Cisadane seperti biasa,” jelas Kaonang di Kampung Cacing.

Nantinya, sambung Kaonang selain diturap kawasan itu juga disediakan tempat perahu para pencari cacing untuk bersandar. Sehingga nanti akan lebih menarik menjadi salah satu bagian tempat kunjungan wisata di Kota Tangerang.

Sehari sebelumnya, Kabid Gakumda Satpol PP Kota Tangerang, Kaonang memberikan satu ekor kambing qurban kepada warga Kampung Cacing.

“Bidang Gakumda Satpol PP melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan cara persesuasif dan humanis. Dengan demikian masyarakat merasa dimanusiakan,” jelas Kaonang.

Salah seorang warga Kampung Cacing, Yusmanto menjelaskan dirinya bersama warga Kampung Cacing lainnya menuruti upaya pemerintah yang akan melakukan penyerapan sungai Cisadane di wilayah Kampung Cacing. Dikatakannya, relokasi ini masih di wilayah Kampung Cacing, sehingga warga setempat tidak akan kehilangan mata pencarian mereka sebagai pencari cacing di sungai Cisadane.

“Kami mengikuti yang dilakukan pemerintah Kota Tangerang dalam menata Kampung Cacing ini,” jelas Yusmanto.***

• Ateng Sanusih | Angri