Beranda Peristiwa Kabupaten Lebak Penuhi Undangan Bincang Literasi, Kadiskerpus Lebak Ajak Warga Desa Muaradua Gotong Royong...

Penuhi Undangan Bincang Literasi, Kadiskerpus Lebak Ajak Warga Desa Muaradua Gotong Royong Bangun Perpustakaan

63
Penuhi Undangan Bincang Literasi, Kadiskerpus Lebak Ajak Warga Desa Muaradua Gotong Royong Bangun Perpustakaan

LEBAK, Pelitabanten.com – Undangan bincang-bincang literasi yang disampaikan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Serang-Banten kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak, H. Asep Komar Hidayat menjadi bagian terpenting dari rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendidikan (PMBP) Kelompok IV yang digelar di Kantor Desa Muaradua, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak-Banten.

Dalam sambutannya H. Asep Komar Hidayat menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswa UPI yang selama kurang lebih satu bulan melaksanakan KKN sebagai bentuk pengabdian di masyarakat. Karenanya Kadiskerpus menghimbau kepada mahasiswa untuk tidak sungkan-sungkan mengajak warga agar gemar membaca. Sebab dengan membaca adalah sama saja dengan membuka jendela dunia.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan teman-teman mahasiswa UPI yang memfokuskan pengabdiannya kepada pendidikan di desa tempat lokasi KKN. Oleh karenanya saya menghimbau kepada teman-teman mahasiswa untuk mengajak warga desa giat membaca buku. Sebab dengan membaca jendela informasi dan pengetahuan akan terbuka,” katanya, Minggu (5/8/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Ciparasi Kecamatan Sobang, Fathurohman yang memberi motivasi kepada Kepala Desa Muaradua agar memberikan layanan kepada warga masyarakatnya berupa fasilitas ruang untuk membaca di area Kantor Desa seperti di aula atau di tempat yang memadai sebagai sarana ruang publik untuk belajar bersama.

Baca juga :  Komunitas Motor Literasi Bagikan 1000 Buku di Kampung Adat Cisungsang

“Di desa Ciparasi, Sobang saya menyediakan wifi gratis bagi warga yang mau belajar yang tersedia di aula desa dimana terdapat Perpustakaan Desa Fathussalam. Makanya dalam kesempatan kali ini saya mengajak Pak Kades Muaradua untuk membangun perpustakaan desa sebagai sarana belajar bagi warganya,” ucap Jaro Fathur.

Selain Jaro Fathur yang hadir di tengah warga desa yang diundang, diskusi yang dimoderatori oleh Hanifah Ralis, mahasiswi UPI, hadir juga tokoh masyarakat, tokoh agama, guru-guru dan siswa-siswi, pegiat literasi Lebak, Ketua Dewan Perpustakaan Banten, Anggota Satgas Literasi, Bhabinkamtibmas Polsek Cikulur dan perwakilan Pergerakan Mahasiswa Kecamatan Cikulur (PMKC).

Kehadiran perwakilan PMKC mendapat sambutan hangat warga yang diharapkan dapat menjadi motor penggerak bagi berlangsungnya gerakan literasi di desa Muaradua. Hal tersebut disampaikan oleh Kadiskerpus Lebak dengan mengamanatkan PMKC untuk mendorong Kepala Desa Muaradua bersama warga bergotong royong membangun perpustakaan desa.

“Saya berharap teman-teman mahasiswa dari PMKC selaku pemuda Cikulur menjadi motor bagi gerakan literasi di desa-desa di kecamatan Cikulur untuk membantu para kades membangun perpustakaan. Tentunya saya berharap setelah pertemuan ini, teman-teman PMKC dapat membantu Kades Muaradua untuk membangun perpusdes,” ujar H. Asep Komar yang juga selaku pengelola Wahana Kolam Renang BIM Waterboom.

Baca juga :  KPU Kota Tangerang Bentuk Tim Pemeriksa Kesehatan untuk Pasangan Calon Walikota

“Sebagai permulaan, tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk niat yang besar dan mulia membangun Perpustakaan Desa. Cukup bergotong royong saling membantu antar warga, yang punya kayu bisa disumbangkan, yang punya paku juga bisa membantu dan lain sebagainya. Keinginan apapun bisa diwujudkan jika ada kemauan bersama, apalagi Aturan Dana Desa ada peruntukannya tinggal dialokasikan saja oleh Pak Kades,” pungkasnya.

Penuhi Undangan Bincang Literasi, Kadiskerpus Lebak Ajak Warga Desa Muaradua Gotong Royong Bangun Perpustakaan