Beranda Peristiwa Nasional Jalan Teguh Mencapai Cita-cita Nasional Tanpa Penjajahan Gaya Baru

Jalan Teguh Mencapai Cita-cita Nasional Tanpa Penjajahan Gaya Baru

34
Jalan Teguh Mencapai Cita-cita Nasional Tanpa Penjajahan Gaya Baru

JAKARTA, Pelitabanten.com  – Sejumlah Aktivis lintas generasi melakukan “Rapat Akbar” sebagai upaya mencapai cita-cita nasional tanpa penjajahan gaya baru pada hari Selasa (7/8) di Hotel Mega Pro Cikini, Jakarta Pusat dan dilanjut dengan mimbar bebas di tugu proklamasi keesokan harinya.

Ketua SC Rapat Akbar Lutfi Nasution mengungkapkan alasan dipilihnya hari selasa (7/8) karena pada 73 tahun lalu 07 Agustus 1945 menjadi rangkaian penting menuju Indonesia merdeka. Sebagai wilayah yang terjajah dan berkehendak mencapai kemerdekaan serta kedaulatan bangsa menjadi semangat gerakan perlawanan penjajahan.

“Wilayah Tugu Proklamasi menjadi sarana untuk berkumpulnya peserta dari lintas komponen, lintas
generasi yang akan hadir dari beberapa wilayah Indonesia,” katanya melalui rilis yang diterima redaksi, Minggu (5/8).

Selain itu pada tanggal 07 Agustus 1945 adalah Pembubaran BPUPKI menjadi PPKI. Peranan penting Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia menghantarkan Indonesia sebagai bangsa Negara yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

“Peristiwa heroic pemuda merupakan rangkaian 17 Agustus 1945, dengan catatan sejarah
peristiwa rengas dengklok serta situasi global ketika itu memberikan “peluang emas” Indonesia merdeka yaitu Nagasaki dan Hiroshima di bom atom oleh sekutu,” ujarnya.

Baca juga :  KKP Salurkan Bantuan Enam Kapal Kincang untuk Nelayan Lebak

Ketahanan Nasional yang semakin hari semakin lemah menjadi fokus perhatian yang tidak
dapat diabaikan menjadi dasar dilaksanakannya rapat akbar ini.

“Lemahnya Ketahanan Nasional berpengaruh terhadap sistim berbangsa dan bernegara, tersistematis dan terorganisir sistim Indonesia dilemahkan paska Amandemen UUD 1945,” ujarnya.(Rizki)