Ayo! Ikuti Workshop Film Animasi Bersama Dewan Kesenian Banten

Ayo! Ikuti Workshop Film Animasi Bersama Dewan Kesenian Banten

SERANG, Pelitabanten.com – Dewan Kesenian Banten menggandeng Studio Orbitalsinium untuk menyelenggarakan Film Animasi. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai langkah responsif menjawab kebutuhan genre seni visual masa depan.

Ketua Umum Dewan Kesenian Banten, Chavcay Syaifullah mengatakan bahwa dunia seni di Banten bukan hanya harus berkembang, tetapi mampu responsif terhadap kebutuhan artistik masa depan. Karena ketika mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, maka mereka akan mampu memberikan baktinya kepada lingkungan sekitarnya, daerahnya, negara, bahkan untuk dunia.

Ia menambahkan bahwa sekarang harus memiliki kemampuan untuk mengolah gambar animasi. Seniman sekurangnya dapat melakukan dua hal, pertama yaitu berkarya untuk kebutuhan idealisme seniman yang dapat mengejawantahkan gagasannya tentang suatu tema atau isu. Kedua, berkarya untuk kebutuhan komersil, misalnya untuk memenuhi tantangan dunia bisnis yang membutuhkan menggunakan film animasi.

“Bahkan ada pula yang mampu memenuhi keduanya dalam satu karya saja, katakanlah animasi Doraemon dari Jepang yang seringkali bicara soal tema pemanasan global, isu lingkungan yang dikemas untuk memasuki pikiran anak-anak untuk peduli dan menjaga kelestarian lingkungan,” paparnya, Kamis (02/08/2018) dengan nada bersemangat.

Baca Juga:  Kapolsek Pagedangan Door To Door Swab Antigen Ke Warga Pulang Mudik

Chavchay menerangkan bahwa DKB menyediakan enam slot kursi peserta workshop. Alasannya, agar peserta workshop dan pemateri dapat lebih fokus. Sebelum rencana workshop diumumkan saja, sudah banyak calon peserta yang meminta jatah kursi workshop.

“Saat ini calon peserta yang kami anggap memenuhi syarat baru ada satu orang, dari yang kami anggap memiliki skill mendasar, yaitu menggambar bentuk. Masih tersisa lima kursi, kebutuhan peralatan belajar akan kami sediakan,” jelasnya.

Sementara itu, animator Orbitalsinium Studio, Mahesa Bayu, mengatakan bahwa di Banten khususnya di perlu banyak animator yang saling menguatkan, agar -bakat baru bertumbuhan, akan berfungsi sebagai wadah bertemunya bakat-bakat tersebut.

“Studio kami di berlokasi di dua tempat, yaitu di gedung Hotel Mahadria dan jalan Yusuf Martadilaga,” katanya.

Calon peserta Workshop Film Animasi bisa mendaftar di Sekretariat DKB, Taman Budaya Banten, Kota Serang, pada 6-11 Agustus 2018. Pelaksanaan workshop akan berlangsung pada 12 Agustus 2018.