Beranda Pendidikan Road To Kemah Api Literasi 2018, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jadi Lokomotif...

Road To Kemah Api Literasi 2018, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jadi Lokomotif Para Penggiat Literasi Kabupaten Lebak

86
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, H. Asep Komar Hidayat bersama jajarannya melaporkan rencana Kemah Api Literasi kepada Wakil Bupati Lebak, H. Ade Sumardi di ruang kerjanya, Rabu (18/7/2018).

LEBAK, Pelitabanten.com – “Kemah Api Literasi 2018” merupakan rencana kegiatan Temu Para Penggiat Literasi se- Kabupaten Lebak telah mendapatkan dukungan penuh dari Wakil Bupati Lebak, H. Ade Sumardi, SE, M.Sc saat Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan bersama jajarannya melaporkan rencana tersebut di ruang kerjanya, Rabu, (18/7/2018).

“Saya sangat mendukung (Kemah Api Literasi: red), tahun depan kalau bisa kita anggarkan di APBD 2019. Harus ada laporan secara berkala terkait hasil dari kegiatan upaya peningkatan minat baca di masyarakat. Seperti apa capaian-capaian yang telah diraih,” kata Wakil Bupati Lebak seperti dikutip H. Asep Komar Hidayat di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lebak kepada awak media.

Upaya peningkatan minta baca masyarakat melalui gerakan Lebak Cerdas dengan membaca sebagaimana telah diterbitkannya Instruksi Bupati Lebak Nomor 041/161-Diskerpus/III/2018 tentang “Penyediaan Fasilitas Perpustakaan dan Sudut Baca pada Kantor Perangkat Daerah, Ruang-ruang Publik dan Lembaga-lembaga Pelayanan Masyarakat,” dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak sebagai leading sectornya menjadi angin segar bagi para penggiat literasi di seluruh Kabupaten Lebak.

Gerakan literasi yang sejatinya adalah bentuk partisipasi para penggiat literasi di Kabupaten Lebak dalam mengawal Program Bupati yakni Lebak Cerdas, saat ini telah mendapatkan legitimasinya terkait dengan dikeluarkannya Instruksi tersebut. Konsolidasi para penggiat literasi pun terus digalakkan sejak pertemuan Hala Bihalal di Taman Rekreasi Kolam Renang Bina Insan Mandiri (BIM) Waterboom di Cimesir Rangkasbitung, Lebak-Banten, Kamis (28/6/2018) lalu yang sebelumnya juga telah diselenggarakan kegiatan bedah buku dalam rangka ngabuburit para penggiat literasi di Aula Diskerpus Lebak, Rabu (30/5/2018).

Konsolidasi gerakan literasi tidak berhenti pada seremonial belaka, namun dari sejumlah pertemuan para penggiat literasi sebelumnya, telah melahirkan sebuah ide untuk mengadakan temu penggiat literasi se-Kabupaten Lebak yang disepakati bertajuk “Kemah Api Literasi 2018”.

Terkait dengan “Kemah Api Literasi 2018” ini didukung penuh oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak, H. Asep Komar Hidayat yang mengerahkan seluruh jajarannya untuk mengawal suksesnya kegiatan tersebut bergandengan tangan dengan para penggiat literasi.

Setelah dilakukan kegiatan konsolidasi awal di beberapa kecamatan seperti Wanasalam, Bayah dan Cibeber ternyata respon masyarakat terkait rencana “Kemah Api Literasi 2018” sangat antusias. Mendapat dukungan penuh dari Camat Wanasalam, Camat Bayah, Kepala Desa Wanasalam dan Kepala Desa Warungbanten dan seluruh literasi di wilayah Lebak Selatan. Juga telah dilaksanakan rapat koordinasi antar OPD. Lembaga. Instansi dan Para Penggiat Literasi di Ruang Rapat lantai 3 Diskerpus.

“Kemah Api Literasi 2018” yang rencananya akan digelar di Lapangan Merdeka Kecamatan Bayah pada Sabtu-Minggu, 28-29 Juli 2018 mendatang merupakan kegiatan non anggaran yang dilaksanakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak. Karenanya tanpa dukungan para penggiat literasi dan pihak-pihak terkait yang mendukung Program Lebak cerdas kiranya akan sulit direalisasikan,” kata H. Asep Komar Hidayat, Kamis (19/7/2018).