Beranda Peristiwa Kabupaten Lebak Bang Napi Rutan Rangkasbitung Nyoblos Pilkada Lebak

Bang Napi Rutan Rangkasbitung Nyoblos Pilkada Lebak

547
Bang Napi Rutan Rangkasbitung Nyoblos Pilkada Lebak
170 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Rangkasbitung, memberikan hak pilihnya di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lebak tahun 2018. Rabu (27/06)

RANGKASBITUNG, Pelitabanten.com – Sebanyak 170 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau yang sering dikenal dengan sebutan Bang Napi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, memberikan hak pilihnya di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lebak tahun 2018 yang dilaksanakan hari ini, Rabu (27/06).

Agus Juansyah, salah seorang petugas tempat pemungutan suara (TPS) Rutan Rangkasbitung mengatakan, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang memberikan hak pilihnya sebanyak 167 orang terdiri dari 85 berasal dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan 82 orang dari Daftar Pemilih Tambahan.

“Kemarin kendalanya WBP di sini itu DPT yang diumumkan tidak seluruhnya masuk dalam DPT Hanya 85 warga binaan yang masuk di dalam DPT, maka solusinya kami meminta kebijakan kepada KPU agar sisanya sebanyak 82 warga binaan yang tidak ada di DPT tersebut bisa melakukan pencoblosan yaitu dengan cara diberikan Suket atau dengan form model A5 KWK,” ujarnya

Hal ini juga diamini oleh petugas Pemungutan Suara lainnya, Indra Fadh Faisal yang juga merupakan staf dibagian pelayanan tahanan Rutan Rangkasbitung.

“Hanya 43 orang WBP di sini yang tidak dapat memberikan hak pilih karena mereka bukan warga Lebak dan 2 orang anak-anak” jelas Indra menambahkan.

Sementara itu, Kepala Rutan Rangkasbitung Aliandra Harahap mengatakan, total warga binaan yang berada di Rutan Rangkasbitung saat ini sebanyak 212 orang, dari jumlah tersebut, 167 orang dapat menggunakan hak pilihnya. 163 pemilih Laki-laki dan 4 pemilih Perempuan.

“Sisanya warga luar Lebak dan dua masih kategori anak belum memenuhi syarat memilih,” ungkapnya.

Meski ada tahanan yang baru masuk Rutan kemarin, Aliandra mengaku, pihaknya tetap berupaya agar warga binaannya bisa menyalurkan hak pilih.

“Alhamdulillah sudah bisa ikut pemilihan semuanya, karena memang itu komitmen rutan dengan KPU agar selalu update keluar masuknya tahanan namun tetap bisa menggunakan hak pilihnya,” ungkapnya.

“Ada Kapolres Lebak, Dandim 0603 Lebak, Ketua KPU, panwas dan PPK yang memonitor jalannya peroses pemilihan, sementara hasilnya dapat diketahui tingkat partisipasi pemilih mencapai 100%, total pemilih di TPS Rutan ini 181, 167 pemilih WBP dan 14 orang pemilh pegawai yang sedang bertugas”

“terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya pilkada dengan aman dan lancar”tutup Aliandra, Karutan asal Medan ini.