Beranda Peristiwa Nasional Jelang Pilgub Banten, Pendukung WH Unggul di Medsos

Jelang Pilgub Banten, Pendukung WH Unggul di Medsos

1107
BAGIKAN
Jelang Pilgub Banten, Pendukung WH Unggul di Medsos
Wahidin Halim

TANGERANG, Pelitabanten.com – Menjelang perhelatan Pilgub Banten 2017, berbagai strategi dan taktik sosialisasi dan pemenangan para bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur telah dilakukan oleh masing-masing pendukung dan tim sukses. Salah satu metode yang digunakan adalah sosialisasi lewat udara seperti kampanye di media sosial (Medsos). Para pemerhati dan aktivis media sosial menilai bahwa metode kampanye atau sosialisasi lewat medsos yang dilakukan oleh para pendukung H. Wahidin Halim (WH) telah mendominasi pemberitaan positif, baik di facebook, youtube, maupun di media online.

“Keunggulan pertama adalah banyaknya jumlah akun aktif yang dimiliki pendukung WH di facebook, seperti Relawan Perubahan Banten, Ayo Bangun Banten, Gerakan Perubahan Banten, Relawan Banten Baru, Relawan Wahidin Halim, Pejuang Tangguh, Kawan WH, Kiprah WH, Keluarga WH, Baraya WH, Sobat WH dan ditambah akun-akun pribadi yang aktif. Mereka tidak berkutat hanya dengan satu aplikasi media sosial saja, tapi menyebar ke Twitter, YouTube, blog, dan sejenisnya” Ujar Nabila Elikadena, Pemerhati Media Sosial dari Kampus Universitas Budi Luhur Jakarta, Senin (28/3/2016)

Penilaiannya, keunggulan juga terlihat dari konten dan gaya posting-an yang dilakukan pendukung WH sangat unik dan beragam, ada yang berbentuk dukungan, berita media online, kutipan kata-kata bijak, gambar kata (meme), aktivitas keseharian WH, profil, prestasi dan penghargaan, dan ada juga video animasi yang kreatif.

“Wahidin Halim memang menjadi kandidat Gubernur Banten paling diperbincangkan di media sosial saat ini, mudah sekali mencari informasi positif dirinya. Sebaliknya, kompetitornya akan sangat kesulitan mencari sisi negatif Wahidin” Tambah Nabila.

Seorang aktivis medsos, Puguh Tri Pamungkas, yang juga mahasiswa semester akhir Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Tangerang memiliki penilaian yang sama. “Punya Pak WH-lah yang unggul, kan di polling Koran Banten Pos juga teratas. Uda gitu akun-akun yang ada sangat aktif sekali sehingga terjadi interaksi langsung. Sebab berinteraksi dengan follower, maka kandidat Gubernur akan bisa memahami apa kebutuhan para voter. Baik pendapatnya, harapannya, dan sebagainya. Dari sini mereka akan bisa menyusun program yang sesuai dengan kebutuhan voter, dan sudah pasti akan menarik simpati. Disini hebatnya strategi pendukung Pak WH.” Ucap mahasiswa pengagum pemikiran Tan Malaka ini.

 Belakangan baru bermunculan beberapa akun di Facebook, seperti yang mensosialisasikan Doktor Anton, Sobat Rano, Sahabat Andika, Bela Dulur, Relawan Tantowi Yahya dan lainnya.

 Ketika dikonfirmasi terkait strategi apa yang dilakukan oleh WH, melalui orang dekatnya yang juga Staf Ahli di DPR RI, A. Jazuli Abdillah, mengatakan bahwa kebanyakan adalah inisiatif dari para pendukung dan relawan yang benar-benar simpatik terhadap pak WH walau tanpa digerakkan.

“Inilah fakta ekspektasi publik yang tinggi terhadap Pak WH agar memimpin Banten ke depan. Kesadaran kolektif masyarakat ini tercurah melalui media sosial dengan berbagai ide dan kreasinya. Tanpa dibayar dan diintruksikan mereka aktif bergerak melalui medsos” Ujarnya.

 Jazuli mengakui bahwa terkait media campaign, selama ini di”creat” langsung oleh sahabat Pak WH yang berasal dari Prancis yang kebetulan konsultan profesional bidang media analysis  yang tiap saat memberi masukan dan rekomendasi kepadanya.

BAGIKAN