Beranda Pendidikan Gema Ramadhan di Kampung Literasi TBM Kedai Proses, Berbagi Rejeki di Bulan...

Gema Ramadhan di Kampung Literasi TBM Kedai Proses, Berbagi Rejeki di Bulan Suci

42

LEBAK, Pelitabanten.com – Puncak kegiatan Gema Ramadhan di Kampung Literasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kedai Proses yang berlokasi di Jl. Budi Utomo No. 22 L Komplek Pendidikan, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak-Banten diisi dengan kegiatan berbagi rejeki kepada lebih kurang 100 anak yatim, janda dan dhuafa.

Kegiatan Gema Ramadhan Kampung Literasi Kedai Proses merupakan kali ke-5 yang dilaksanakan setiap tahunnya, dan kali ini bertajuk “Berbagi Ilmu, Rejeki dan Memperbanyak Pahala di Bulan Suci” diisi dengan berbagai perlombaan, antara lain: Lomba Adzan, Lomba Busana Muslim, Lomba Kaligrafi dan sejumlah kegiatan sosial lainnya yang dipungkasi oleh Tausiyah Ramadhan dan Santunan.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan lancar dan berlangsung cukup hidmat. Hari ini adalah puncak dari rangkaian Gema Ramadhan tahun 2018 yang diakhiri dengan santunan kepada anak yatim dan dhuafa. Dan kegiatan ini dilakukan semata-mata pengabdian kami, para relawan Kampung Literasi Kedai Proses kepada masyarakat sekitar,” kata DC Aryadi selaku Pembina Kampung Literasi, Senin (11/6/2018).

Dana yang terkumpul dalam kegiatan santunan tersebut berasal dari swadaya para relawan dan upaya penggalangan dana dari sejumlah kalangan baik dari individu maupun kelompok. Sebagaimana disampaikan Ketua Pelaksana Gema Ramadhan Robenah, mahasiswa STKIP Setia Budhi yang aktif sebagai Relawan Kampung Literasi Kedai Proses.

“Dana yang terkumpul dalam kegiatan santunan ini selain dari swadaya teman-teman relawan juga dari komunitas seperti club motor, teman-teman mahasiswa di kampus STKIP Setia Budhi, La Tansa Mashiro, alhamdulillah dari orangtua kami Bapak Asep Komar dan tentunya juga dukungan penuh dari Ketua STKIP Setia Budhi sendiri, yakni Bunda Tjut Afrida,” kata Robenah.

Selain berbagi kebahagiaan bersama anak yatim dan dhuafa, acara diisi dengan obrolan santai seputar gerakan literasi di Kabupaten Lebak yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Asep Komar Hidayat, para pegiat literasi, diantaranya yang hadir yakni Komunitas Huma Literasi, TBM Gerbang Dunia, TBM Sumlor, TBM Pangais Elmu, serta beberapa pegiat literasi lainnya.

Jelang berbuka puasa, Tausiyah Ramadhan disampaikan oleh Ustadz Paryono yang dengan baik hati membawa takjil untuk dinikmati bersama. Keakraban terjalin dari masing-masing pegiat yang hadir untuk saling mendukung secara penuh segala upaya menebarkan virus literasi sebagaimana program Pemerintah Kabupaten, yakni Lebak Pintar, Lebak Cerdas, Lebak Sehat, Lebak Sejahtera.

Gema Ramadhan di Kampung Literasi TBM Kedai Proses, Berbagi Rejeki di Bulan Suci