Beranda Pendidikan Bincang Literasi, Ngabuburead Bersama Forum TBM Pandeglang di Rafei Ali Institute

Bincang Literasi, Ngabuburead Bersama Forum TBM Pandeglang di Rafei Ali Institute

29
Bincang Literasi, Ngabuburead Bersama Forum TBM Pandeglang di Rafei Ali Institute

PANDEGLANG, Pelitabanten.com – Bulan Ramadhan menjadi momentum bagi pegiat Literasi di Kabupaten Pandeglang untuk menjalin lebih erat ikatan silaturahmi. Hal ini dilakukan oleh para pegiat literasi yang tergabung dalam Forum Taman Bacaan Masyarakat Kabupaten Pandeglang dengan menyelenggarakan kegiatan Bincang Literasi, Nonton dan Bedah Film dan tentunya Buka Puasa Bersama.

Di Sekretariat Rafei Ali Institute yang beralamat diKampung Jaha, Desa Sukamaju, Kecamatan Labuan, Banten, yang juga menjadi fasilitator kegiatan dihadiri oleh sejumlah pegiat yang juga pengurus Forum TBM Padeglang, Pengelola TBM di wilayah kecamatan di Pandeglang, Pengurus Forum TBM Banten, Pengurus Dewan Perpustakaan Provinsi Banten, serta Direksi dan Jajaran Rafe’I Ali Institute.

“Bincang literasi, nonton bareng dan buka puasa bersama ini bertujuan untuk silaturahmi, sharing, memupuk semangat pegiat literasi di kabupaten Pandeglang,” kata Sekretaris Forum TBM Pandeglang, Neneng Elyati, Jumat (1/6/2018).

Bincang Literasi, Ngabuburead Bersama Forum TBM Pandeglang di Rafei Ali Institute

Kegiatan bincang-bincang yang juga dimaksudkan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila inimenyimpulkan bahwa pendidikan masyarakat dan keluarga harus menjadi prioritas program kerja seluruh sektoral, karena berbicara literasi tidak hanya menjadi kewajiban individu atau kelompok tertentu, tetapi seluruh komponen harus bersinergi saling bekerja sama untuk mewujudkan masyarakat yang literat.

“TBM juga harus memiliki inovasi strategi, dan inovasi program sebagai sarana aktivitas membaca, berkreativitas, dan juga rekreasi masyarakat, sehingga TBM bisa menjadi pusat layanan pendidikan non formal,” tandas Neneng.