Beranda Pendidikan Ekskul Danrem 052/Wkr Buka Lomba Cerita Tentang Pancasila

Danrem 052/Wkr Buka Lomba Cerita Tentang Pancasila

59
Danrem 052/Wkr Buka Lomba Cerita Tentang Pancasila

KOTA TANGERANG SELATAN, PelitaBanten.com – Komandan Korem 052/Wkr Kolonel Kav Agustinus Purboyo SIP membuka Komsos kreatif lomba bercerita tentang Pancasila di sekolah Athalia di Melati Mas Blok B 14 Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis pagi 31 Mei 2018.

Pembukaan lomba tersebut itu dihadiri Dandim 0506/Tgr Letkol Inf MI Gogor AA, Kasdim 0506/Tgr Mayor Kav Sapta Raharja SIP, Ketua Yayasan Athalia Prisno Saragih, Kasi SMP Disdik Tangsel Atin, Kasi SD Disdik Tangsel Masyhud. Sebanyak 50 peserta tingkat SD dan SMP turut ambil bagian dalam lomba tersebut.

Danrem 052/Wkr Kol Kav Agustinus Purboyo SIP mengungkapkan Komsos kreatif dengan materi lomba bercerita tentang Pancasila tingkat SD dan SLTP diharapan anak-anak atau generasi penerus memahami dan mengerti sehingga tercipta putra-putri bangsa yang mempunyai bermoral Pancasila.

Dikatakannya, setiap orang tua diharapkan dapat menjadi pembina anak-anak untuk menjadi generasi yang bisa di banggakan bagi negara.

“Pancasila adalah dasar negara dan kegitan ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman makna dari Pancasila. Semoga dengan adanya kegiatan ini akan timbul kebangaan buat anak-anak kita,” tegasnya.

Kasdim 0506/Tgr Mayor Kav Sapta Raharja SIP mengapresiasi lomba cerita tentang Pancasila. Menurutnya lomba ini sangat menginspirasi dan memberikan pencerahan tentang bagaimana seharusnya hidup sebagai manusia, makhluk individu, makhluk sosial dan makhluk Tuhan.

Dijelaskannya, 1 Juni diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila. Singkatnya Pancasila mencerminkan pandangan hidup bangsa ini karena keberadaannya diambil dari kebudayaan, adat istiadat, nilai-nilai dan cita-cita hidup bangsa Indonesia.

“Dalam perjalanan sejarah kita ketahui bersama bahwa Pancasila telah melawati tahap ujian yang hampir saja tergantikan oleh ideologi komunis. Namun berkat kegigihan para pejuang bangsa, ujian tersebut dapat dihalau dengan kemenangan para pejuang yang mampu menempatkan Pancasila sebagai ideologi bangsa. Pancasila memiliki lima sila atau dasar yang setiap dasarnya sarat dengan nilai,” papar Kasdim 0506/Tgr Mayor Kav Sapta Raharja SIP.

Ia berharap dengan adanya lomba ini akan timbul para generasi penerus yang memahami makna Pancasila sejak masa dini.

Kepala Bidang Pendidikan SMP Atalia, Presno Saragih mengatakan lomba bercerita tentang Pancasila merupakan hal yang sangat penting. Pancasila adalah ideologi yang mencerminkan kepribadian bangsa. Ir Soekarno seorang proklamator bangsa ini melukiskan dalam tulisannya bahwa, “Pancasila adalah lima mutiara galian dari ribuan tahun sap-sapnya sejarah bangsa sendiri”.

“Sila pertama berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa. Nilai Ketuhanan dari sila tersebut mencerminkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang selalu melibatkan Tuhan dalam setiap pandangan, pemikiran dan sikap yang dimilikinya. Bangsa ini tidak menghendaki orang yang tidak ber-Tuhan untuk menetap di bumi Indonesia ini,” paparnya.***

• Ateng Sanusih | Ida Rosidah