Beranda Peristiwa Kota Tangerang Laporan Keuangan Pemkot Tangerang Dapat Opini WTP dari BPK

Laporan Keuangan Pemkot Tangerang Dapat Opini WTP dari BPK

558
Laporan Keuangan Pemkot Tangerang Dapat Opini WTP dari BPK
Ketua DPRD Kota Tangerang, Suparmi, ST, bersama Pjs Wali Kota Tangerang, M. Yusuf, menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2017

SERANG, Pelitabanten.com – Pemerintah Kota Tangerang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut-turut untuk yang ke-sebelas kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kantor Perwakilan Provinsi Banten. Hal tersebut menunjukkan bahwa kinerja aparatur pemkot Tangerang maupun program-program yang diterapkan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ketua DPRD Kota Tangerang, Suparmi, ST, bersama Pjs Wali Kota Tangerang, M. Yusuf, menerima Penghargaan opini WTP Kota Tangerang pada acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2017 di Auditorium, Kantor Perwakilan BPK Banten, Jalan Palka No.1, Serang, Banten. Senin, 28 Mei 2018.

Anggota V BPK RI Isma Yatun mengatakan, pemeriksaan atas Laporan Keuangan bertujuan untuk memberikan opini atas LKPD. Opini merupakan pernyataan professional pemeriksa mengenai kewajaran atas laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria.

“Kesesuaian dengan standar akuntansi, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan dan efektifitas sistem pengendalian intern,” ujar Isma Yatun.

Lebih lanjut, Isma menyampaikan pada laporan keuangan tahun anggaran 2017 lalu, seluruh kota dan kabupaten di Provinsi Banten berhak atas opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan.

“Jika di tahun sebelumnya ada 1 yang belum WTP, sekarang semua daerah di Banten dapat opini WTP,” ujar Isma Yatun.

Sementara itu, Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Tangerang, M. Yusuf mengutarakan prestasi yang telah diraih oleh Pemkot Tangerang merupakan hasil kerja keras bersama seluruh aparatur Pemkot Tangerang serta menjadi motivasi positif untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kota Tangerang.

“WTP ini merupakan yang ke-sebelas kali diraih oleh pemkot Tangerang, dan tantangan dalam mempertahankannya akan lebih sulit dibanding meraihnya,” ungkap Pjs Wali Kota Tangerang, M. Yusuf.

Ia juga menekankan, untuk mempertahankan opini WTP yang telah diraih, pemkot perlu memberikan perhatian lebih terhadap hal – hal yang sifatnya mendetail dalam pelaporan keuangan yang disampaikan setiap tahunnya kepada BPK.

“Karena sudah berkali-kali, jadi hal – hal yang sifatnya detail juga akan menjadi perhatian dari BPK,” tutupnya