Beranda Pendidikan Kampus Peringati Hari Buku Nasional, Mahasiswa FKIP Untirta Gelar Resital Musikalisasi Puisi

Peringati Hari Buku Nasional, Mahasiswa FKIP Untirta Gelar Resital Musikalisasi Puisi

113
Disnakertrans Banten Sosialisasi Tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan Secara Online

SERANG, Pelitabanten.com – Matakuliah Musikalisasi Puisi sudah berlangsung selama empat tahun di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Untirta.

Setiap tahun menggelar kegiatan pementasan resital Musikalisasi Puisi. Pada tahun ini pementasan tersebut diberi judul “Taman Dunia” yang terinsiprasi dari puisi Amir Hamzah. Selain itu ada juga puisi-puisi Rendra, Ajip Rosidi, Sitor Situmorang, termasuk puisi Toto St Radik yang ditransformasi ke dalam bentuk musikalisasi.

Pengampu mata kuliah ini, Firman Venayaksa, mengungkapkan bahwa tujuannya agar mahasiswa bisa mengenal dan memahami proses musikalisasi puisi.

“Nanti ketika jadi guru, mereka akan mengajarkan puisi kepada siswanya. Dari pengalaman ini mereka diharapkan bisa mengajarkan puisi jadi lebih mengasyikkan,” ungkap Firman.

Resital musikalisasi puisi yang akan dihelat di Rumah Dunia hari ini (18/5/2018) pada pukul 15.30-17.45. Menariknya, setiap penonton diharapkan menyumbangkan bukunya yang nanti akan disebar ke TBM-TBM yang membutuhkan.

“Ini hajat tahunan. Kebetulan juga bertepatan dengan Hari Buku Nasional. Semoga pementasan ini juga memberikan impact kepada masyarakat sehingga gerakan literasi di kampus-kampus kian semarak” imbuh Firman.

Selain mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Untirta, pementasan ini didukung pula oleh mahasiswa Jurusan Sendratasik, Salbai, Rumah Dunia, Motor Literasi dan Forum TBM.