Beranda Budaya Adat Masyarakat Kota Tangerang Diminta Lestarikan Cagar Budaya Sebagai Potensi Wisata

Masyarakat Kota Tangerang Diminta Lestarikan Cagar Budaya Sebagai Potensi Wisata

76
Masyarakat Kota Tangerang Diminta Lestarikan Cagar Budaya Sebagai Potensi Wisata

KOTA TANGERANG, Pelita Banten.com – Cagar Budaya yang ada sangat perlu dilestarikan karena sebagai potensi pariwisata dan aset yang sangat potensial. Guna mengajak masyarakat agar turut berperan dalam melestarikan cagar budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang mengadakan sosialisasi cagar budaya di Gedung Cisadane, Jln KS Tubun, Pasar Baru, Kota Tangerang, Jumat 11 Mei 2018.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Periwisata Kota Tangerang, Sudadi mengatakan bahwa sosialisasi ini berlangsung selama dua hari, dengan menghadirkan narasumber dari Bapeda Kota Tangerang, Musium Benteng Heritage, Pelestarian Cagar Budaya Permusiuman (PCBM) Kemendikbud, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten.

Sosialisasi ini diikuti peserta dari perwakilan 13 kecamatan, sekolah tingkat SLTA dan pecinta budaya. Mengingat Kota Tangerang penuh sejarah Sudadi berharap melalui sosialisasi ini dapat memberikan kepada masyarakat pemahaman tentang cagar budaya.

“Cagar budaya yang ada harus dijaga kelestariannya, agar jangan sampai dirusak, digusur atau bahkan diperjualbelikan,” tegas Kepala Bidang Kebudayaan, Sudadi, Jumat pagi 11 Mei 2018.

Kemudian kepada guru sekolah SLA, Sudadi berharap guru dapat memberikan pemahaman dan memperkenalkan kepada siswa tentang cagar budaya dan seperti apa itu cagar budaya yang ada di sekitar Kota Tangerang.

Kepada perwakilan dari 13 kecamatan Kabid Kebudayaan meminta agar dapat menginventarisir cagar budaya yang ada di wilayahnya masing-masing kemudian menginformasikan kepada pemerintah kota melalui Disbudpar.

Sudadi menyebutkan ada sembilan cagar budaya yang sudah ditetapkan di Kota Tangerang yaitu Mesjid Kali Pasir, Klenteng Bun San Bio, Klenteng Bun Tek Bio, Stasiun KA, Pintu Air 10, Musium Benteng Heritage, LP Anak Pria, LP Anak Wanita dan LP Pemuda.

“Dan yang belum ditetapkan kita tunggu laporan dari tiap kecamatan,” ujar Sudadi.

Ditambah Sudadi, akhir dari sosialisasi ini besok — Sabtu — peserta diajak keliling mengunjungi tempat cagar budaya dengan tujuan memperkenalkan cagar budaya yang ada di Kota Tangerang.***

• Ateng Sanusih | Ida Rosidah