Beranda Opini Tokoh Samson Ternyata Adalah Seorang Nabi

Tokoh Samson Ternyata Adalah Seorang Nabi

Tokoh Samson Ternyata Adalah Seorang Nabi
Foto: Ilustrasi

Pelitabanten.com – Pada suatu malam di bulan Suci Ramadhan, Rasulullah berkumpul dengan para sahabat. Rasulullah bercerita tentang seorang bernama Sam’un Al Ghozi lebih dikenal dengan nama Samson.

Seperti yang didalam ajaran agama Islam, jumlah menurut hadits berjumlah 124.000 orang, dan Rasul berjumlah 312 orang. Sesuai rukun Iman yang ke-4, di dalam rukun Iman diwajibkan untuk mengetahui 25 orang Nabi dan Rasul.

Dari Abi Zar ra, bahwa Rasulullah saw bersabda ketika ditanya tentang jumlah Nabi;
“Jumlah para itu adalah seratus dua puluh empat ribu (124.000)”
“Lalu berapa jumlah Rasul diantara mereka?”
“Tiga ratus dua belas (312)”
(HR. At-Turmuzy)

Pada kitab Qishashul Anbiyaa, dikisahkan; bahwa Rasulullah saw tersenyum sendiri, lalu bertanyalah salah seorang sahabatnya;

“Apa yang membuatmu tersenyum wahai Rasulullah?”

Rasulullah saw menjawab;

“Diperlihatkan kepadaku hari akhir dimana seluruh manusia dikumpulkan di Mahsyar. Semua dan Rasul berkumpul bersama umatnya masing-masing, masuk ke dalam Syurga. Ada seorang nabi yang dengan membawa pedang yang tidak mempunyai pengikut satupun, masuk ke dalam Syurga, adalah Sam’un.”

Siapakah Sam’un?

Sam’un Al Ghozi lebih dikenal dengan nama Samson. Ialah orang yang mempunyai kekuatan luar biasa yang tidak terkalahkan, yang kelemahannya terletak pada rambutnya.

Baca Juga:  Saatnya Mahasiswa Bicara UKT (Uang Kuliah Tunggal)

Samson atau Simson, merupakan seorang di dalam ajaran yang dikenal dengan nama Nabi Sam’un Ghozi AS. ini, terdapat di dalam kitab-kitab, seperti kitab Muqasyafatul Qulub dan kitab Qishashul Anbiyaa.

Sam’un Ghozi AS memiliki kemukjizatan, yaitu dapat melunakkan besi, dan dapat merobohkan istana. Cerita Nabi Sam’un Ghozi AS adalah Israiliyat yang diceritakan turun-temurun di jazirah Arab. Cerita ini melegenda jauh sebelum Rasulullah lahir.

Dari kitab Muqasyafatul Qulub karangan al Ghazali, diceritakan bahwa Rasulullah berkumpul bersama para sahabat dibulan Suci Ramadhan. Kemudian Rasulullah bercerita tentang seorang bernama Sam’un Ghozi AS, beliau adalah Nabi dari Bani Israil yang diutus di Romawi.

Dikisahkan Sam’un Ghozi AS berperang melawan bangsa yang menentang Ketuhanan Allah SWT. Ketangguhan dan keperkasaan Nabi Sam’un dipergunakan untuk menentang penguasa kaum kafirin saat itu, yakni raja Israil.

Baca Juga:  Pendidikan di Indonesia Saat Masa Pandemi Covid-19

Oleh: Ubaidillah