Beranda Pendidikan Hari Kedua PKBM Melaksanakan UNBK Paket C Berjalan Lancar

Hari Kedua PKBM Melaksanakan UNBK Paket C Berjalan Lancar

688
Hari Kedua PKBM Melaksanakan UNBK Paket C Berjalan Lancar

TANGERANG, Pelitabanten.com – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari ke dua di SMK Insan Aqilah 5 Rajeg yang di tumpangi 3 PKBM, diantaranya PKBM Himata, PKBM Cita Wahana Maju serta PKBM Mandiri, akhirnya berjalan lancar. Ketua Penyelenggara UNBK kesetaraan Paket C sekaligus Ketua PKBM Himata, Sonil mengatakan pelaksanaan hari kedua UNBK kejar paket C setara SMA berjalan lancar, meski sebelumnya sempat ada truobel dalam sarana Server.

“Sejauh ini belum ada kendala teknis maupun substansial,” kata Sonil di ruang panitia UNBK PKBM kejar paket C di SMK Insan Aqilah 5 rajeg, Sabtu, 28 April 2018.

Sebelumnya, tiga PKBM, Himata, Cita Wahana Maju serta Mandiri hampir gagal menggelar UNBK karena 2 unit server belom melaksanakan sinkron karena terkendala jaringan di malam H-1.

Kesigapan para teknisi dan proktornya yang selalu stanbay melaksanakan amanah kepercayaan yang di berikan teman teman PKBM, teman teman proktor berusaha untuk dapat melaksanakan sinkron data peserta didik dengan selalu membangun komunikasi dengan para koordinator/teknisi kabupaten/provinsi yang menangani UNBK.

Agus (Proktor SMK Citra Madani) dimana ia mengajar, mengatakan akibat kesabaran dan ketenangan serta selalu koordinasi dengan pihak pihak kabupaten/provinsi, Al hamdulillah bisa sukses melakukan sinkron data peserta ke server.

Sonil berucap, ada sebanyak 195 peserta kejar paket C yang mengikuti ujian UNBK di tiga PKBM. Hingga pelaksaan ujian hari ke dua saat ini, kata Sonil, belum ada peserta pesertanya yang sakit atau izin tidak mengikuti ujian. Selain itu, di PKBM sendiri ujian UNBK dibagi dalam satu sesi, sesi 07.30 – 09.30

Sementara itu, Siti Roaeni peserta dari PKBM Himata salah satu peserta kejar paket C yang mengikuti UNBK mengatakan seluruh ujian dilakukan dengan mekanisme pilihan ganda. Menurut dia, semua materi ujian yang ia kerjakan sudah pernah diajarkan sebelumnya.

Hal senada juga disampaikan oleh peserta lain bernama Ari Ramadhan PKBM Cita Wahana Maju, Menurut dia, materi soal-soal UNBK baik mata pelajaran Matematika maupun Sosiologi sudah pernah di ajarkan di kegiatan belajar mengajar di PKBM.

Hari Kedua PKBM Melaksanakan UNBK Paket C Berjalan LancarMeskipun demikian, Ari Ramadhan juga mengatakan ada beberapa soal yang ia anggap susah untuk ujian matematika. Ketika ditanyakan lebih lanjut, Ari mengatakan tak ingat betul. “Ada yang susah, tadi diminta mencari persentase dan diskon, tapi lupa detail soalnya,” kata Ari tentang materi ujian UNBK kejar Paket C di hari kedua tersebut.