Beranda Pendidikan Ekskul Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang dan Himaputra Tanam 30 Ribu Pohon Mangrove di...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang dan Himaputra Tanam 30 Ribu Pohon Mangrove di Mauk

180
Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang dan Himaputra Tanam 30 Ribu Pohon Mangrove di Mauk

KABUPATEN TANGERANG, PelitaBanten.com – Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang bersama Himpunan Mahasiswa Pemuda Tangerang Utara (Himaputra) beserta siswa-siswi kelas 10 dan 11 SMA Negeri 2 Kabupaten Tangerang melakukan penanaman pohon mangrove secara di wilayah Desa Ketapang Kecamatan Mauk, Selasa 24 April 2018.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Heri Wibowo mengatakan, Sebanyak 30 ribu pohon akan ditanam di wilayah ini. Aksi ini merupakan salah satu program kegiatan fasilitasi pembangunan kawasan Budidaya tahun anggaran 2018 melalui Bidang Pengelolaan dan Pemberdayaan Pembudidaya Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang.

“Ayo tanam mangrove”, ajaknya.

Ditegaskannya, penanaman mangrove ini sangat berguna bagi habitat laut dan penahan abrasi pantai. Untuk itu perlunya pemeliharaan terhadap pohon yang ditanam ini. Jenis mangrove yang ditanam itu Alba, Apiculata, Stylulata, Chylindrata.

“Nantinya untuk pemeliharaan akan dilakukan relawan yang telah mendapatkan pelatihan sebelumnya,” jelasnya.

Kadis Perikanan mengapresiasi para siswa SMAN 2 Kabupaten Tangerang yang telah peduli terhadap kelestarian lingkungan wilayah Utara Tangerang ini.

Camat Mauk, H Heru Utari menyambut positif penanam mangrove ini. Ia berpesan penanaman pohon mangrove ini agar dijaga baik-baik sehingga dapat bermanfaat dan tumbuh dengan baik bagi wilayah ini.

Tanaman ini dapat tumbuh dan bermanfaat baik guna mengantisipasi adanya abrasi pantai di wilayah ini,” ungkap Camat Mauk.

A Satibi biasa disapa Abil, relawan mangrove dari Himpunan Mahasiswa Pemuda Tangerang Utara (Himaputra) mengharapkan melalui penanaman pohon mangrove ini dapat bermanfaat baik bagi masyarakat dan kelestarian wilayah laut khususnya di wilayah Kecamatan Mauk ini.

• Ateng Sanusih | Solihin