Beranda Budaya Dari Ujung Banten Selatan, Jaro Ruhandi Hadir Di Penghujung Rangkaian Peringatan Hari...

Dari Ujung Banten Selatan, Jaro Ruhandi Hadir Di Penghujung Rangkaian Peringatan Hari Kartini, Hardiknas dan Hari Buku Dunia 2018

110
Dari Ujung Banten Selatan, Jaro Ruhandi Hadir Di Penghujung Rangkaian Peringatan Hari Kartini, Hardiknas dan Hari Buku Dunia 2018
Dari kiri ke kanan: Rahmat Sadeli Pegiat Literasi Budaya Betawi, Hilman Irmansyah, relawan Rumah Dunia, Brian Saliba, Asia Foundation, Jaro Ruhandi, Kepala Desa Warungbanten dan Moderator Bella, Putri Sastrawan Gol A Gong dalam Dialog Literasi pada peringatan Hari Kartini, Hardiknas dan World Book Day 2018.

SERANG, Pelitabanten.com – Jaro Ruhandi, Kepala Desa Warungbanten, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, sebuah desa Adat terletak di ujung selatan Provinsi Banten, turut menjadi narasumber berbagi cerita dalam membangun gerakan literasi menularkan virus minat baca bagi masyarakat desa di penghujung rangkaian Peringatan Hari Kartini, Hardiknas dan Hari Buku Dunia 2018.

Dimoderatori Bella, Putri Gol A Gong Pendiri Rumah Dunia, Jaro Ruhandi duduk sejajar dengan narasumber lainnya; Rahmat Sadeli Pegiat Litersi Budaya Betawi, Relawan Rumah Dunia Hilman Irmansyah dan Perwakilan Asia Foundation Brian Saliba asal Amerika Serikat.

Dalam makalah yang disampaikannya berjudul “Mewarisi Tradisi Adat di Era Milenial”, Jaro Ruhandi berbincang tentang gerakan literasi di desa yang dipimpinnya. Gerakan literasi sesungguhnya telah dilakukan secara turun temurun di Desa Adat Kaolotan Cibadak yang terangkum dalam petuah para leluhur: “Neangan luang ti papada urang, neangan luang tina daluang, neangan luang tina kalangkang, neangan luang tina haleuang.”

Taman Bacaan Kuli Maca yang dikelolanya bersama para relawan di desa menjadi sumber inspirasi untuk memajukan desa Warungbanten yang berada di pelosok Kabupaten Lebak yang dalam Indeks Nasional termasuk Daerah Tertinggal.

Baca juga :  Kasi Budaya Baca Direktorat Bindiktara Kemdikbud Hadiri Acara Halal Bihalal Pegiat Literasi Lebak

“Saya yakin dengan berdirinya TBM Kuli Maca dapat membawa perubahan yang positif di Desa Warungbanten tanpa merubah kearifan lokal yang telah menjadi tradisi warga sejak turun temurun,” kata Jaro Ruhandi, Minggu (22/4/2018).

Dikatakannya dalam upaya membangu jaringan antar pegiat literasi, Jaro Ruhandi melakukan tour literasi berdua dengan rekan relawannya selama 5 hari 5 malam menggunakan sepeda motor mengunjungi kantong-kantong pegiat literasi di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Selama lima hari lima malam saya berdua dengan relawan TBM Kuli Maca mengunjungi TBM-TBM di Jawa Barat dan Jawa Tengah, salah satu yang dikunjunginya adalah TBM Wadas Kelir di Purwokerto. Selama di perjalanan kami beristirahat di Pom Bensin atau di Mushola,” kenangnya.

Dialog Literasi Budaya Lokal menjadi rangkaian pamungkas dari gelaran kegiatan peringatan yang digagas Forum TBM Pusat dengan penanggujawab kepanitiaan dari Forum TBM Banten.

“Saya merasa senang bisa ikut terlibat dan bergabung dalam acara yang sangat bermanfaat ini. Kami bersama delapan orang relawan Kuli Maca, dari ujung Banten Selatan menjadi penutup di rangkaian acara peringatan Hari Kartini, Hardiknas dan Hari Buku Dunia 2018. Terima kasih kepada Forum TBM yang telah membina kami di Desa Warungbanten,” pungkas Jaro.

Baca juga :  Selidiki Hoaks Gempa Lebak, Polda Banten Bekerja Sama Dengan Bareskrim 
Dari Ujung Banten Selatan, Jaro Ruhandi Hadir Di Penghujung Rangkaian Peringatan Hari Kartini, Hardiknas dan Hari Buku Dunia 2018
Dari Ujung Banten Selatan, Jaro Ruhandi Hadir Di Penghujung Rangkaian Peringatan Hari Kartini, Hardiknas dan Hari Buku Dunia 2018

Tokoh-tokoh literasi yang menyempatkan hadir dalam perhelatan akbar para pegiat literasi tersebut antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendi, Dirjen PAUD Dikmas Kemendikbud Harris Iskandar, Penasihat Forum TBM Maman Suherman, Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol HM Sabilul Alif, Spesialis Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rommi Iman Sulaiman, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Dadang Sunendar, Perwakilan Asia Foundation Brian Saliba.

Selain Najwa Shibah, Duta Baca Indonesia yang berhalangan hadir, Tokoh Literasi Perempuan juga hadir memberikan inspirasinya antara lain; Sofie Dewayani Yayasan Litara, Roosie Setiawan Reading Bugs, Tias Tatanka Rumah Dunia, Kiswanti TBM Warabal.

Firman Venayaksa Ketua Umum Forum TBM Pusat, Nandha Julistia Ketua Forum TBM Jakarta, Topik Abdillah Ketua Forum TBM Jawa Barat, Andri Gunawan Ketua Forum TBM Banten, dan Ahmad Wayang Presiden Rumah Dunia.