Beranda Peristiwa Kota Tangerang Selatan Walikota Tangerang Selatan Launching Tiga Aplikasi

Walikota Tangerang Selatan Launching Tiga Aplikasi

556
Walikota Tangerang Selatan Launching Tiga Aplikasi

CIPUTAT, Pelitabanten.com – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany melaunching tiga aplikasi yakni Aplikasi Tangsel Belajar, Aplikasi Pantau Harga Pasar, Aplikasi Ruang Rapat Online bertempat di Ruang Blandongan, Kantor Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Kamis (12/4).

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, mengapresiasi kepada Diskominfo atas apa yang sudah dilakukan. Ini merupakan implementasi dari visi Kota Tangsel yaitu terwujudnya Tangsel Kota cerdas, berkualitas,berdaya saing,berbasis teknologi dan inovasi.

Ketiga aplikasi ini merupakan wujud nyata Pemkot Tangsel dalam rangka terus berinovasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi ini juga diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kota Tangsel.

“Kita ketahui bersama bahwa inovasi sudah menjadi kebutuhan Instansi pemerintah guna meningkatkan kinerja pelayanan kepada publik. Secara umum, salah satu agenda prioritas pemerintah kita,b aik di pusat dan daerah adalah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas,”ungkapnya.

Teknologi dan inovasi bukan lagi sebagai sebuah pilihan. Namun sudah menjadi sebuah keharusan. Teknologi dan inovasi harus dapat diwujudkan sebagai salah satu upaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan berkualitas kepada masyarakat. “Masyarakat saat ini sudah memiliki pemahaman yang luas, mereka sangat kritis terhadap pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah,”katanya.

Lanjutnya, untuk tangsel belajar, masyarakat bisa memanfaatkan untuk belajar bahasa Inggris, sedangkan untuk pantau harga pasar, aplikasi ini terkoneksi dengan Bank Indonesia, sehingga masyarakat bisa mengecek harga pasar tidak hanya harga komoditi yang ada di Tangsel saja namun juga keseluruhan harga pasar yang ada di Indonesia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Tangsel, Fuad, mengungkapkan ada  dua di dunia ini tidak ada yang bisa berhenti dan diberhentikan, yakni  pertama waktu, manusia berbuat apapun tidak bisa menghentikan waktu, kedua inovasi,akan selalu ada dan tidak akan berhenti selama manusia itu ada akan ada terus berinovasi.

“Inovasi tidak pernah berhenti,kapan inovasi tersebut berhenti ketika waktu itu berhenti,” ungkapnya dalam sambutan kegiatan launching tiga aplikasi.

Sebagai manusia harus selalu memenuhi kebutuhan dan perkembangan jaman. Ketiga aplikasi ini sebagai bentuk inovasi yang dilakukan Pemkot Tangsel.

“Aplikasi Tangsel belajar merupakan aplikasi bahasa Inggris yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara online, mereka bisa belajar dengan guru yang benar melalui aplikasi web maupun handphone,”jelasnya.

Bahasa Inggris dapat digunakan untuk melamar pekerjaan, bahasa Inggris dibutuhkan untuk percakapan sehari-hari dengan ekspatriat.

Sedangkan aplikasi pantau harga, merupakan pengecekan harga komoditi yang ada di pasar, masyarakat bisa mengecek langsung secara online.

Sementara rupa puspem, merupakan aplikasi internal yaitu mengetahui ruangan rapat mana saja yang bisa dipakai dan yang tidak bisa dipakai. “Diharapkan dengan aplikasi ini tidak adalagi kendala dalam penggunaan ruang rapat,”singkatnya.