Beranda Opini Terobosan Making Indonesia 4.0 adalah SDM

Terobosan Making Indonesia 4.0 adalah SDM

89
Terobosan Making Indonesia 4.0 adalah SDM

Apa yang harus dilakukan pemerintah dan rakyat Indonesia pasca diresmikannya Making Indonesia 4.0 oleh Presiden RI 4 April 2018 yang lalu di Jakarta Convention Centre?

Ditetapkan sumber daya manusia (SDM) menjadi program utama pemerintah mulai saat ini ke depan. Hal ini adalah terobosan, bukan teori.

Seluruh sektor usaha industri harus merefleksikan bagaimana human system menjadi fokus utama seluruh rangkaian program. Saya percaya hal ini juga menjadi “dashboard” Prrsiden RI. Seluruh program terobosan pembangunan infrastruktur dan program terobosan lainnya semua mengarah kepada bagaimana mengoptimalkan kualitas SDM yang mutlak berkualitas.

Belajar dari Kegagalan konstruksi yang lalu, jelas juga “manusia” sangat penting. Tidak hanya itu, pembangunan di tingkat nasional dan daerah juga memerlukan SDM yang mutlak berkualitas. Selain itu, calon calon pemimpin nasional dan calon pemimpin daerah juga menuntut calon yang berkualitas dan tepat.

Kementerian Dalam Negeri RI melalui Balitbang Kemendagri RI menjadi motor penelitian SDM di pemerintah pusat dan daerah. Kementerian teknis lain ikut merangkul kepala daerah untuk mengkoordinir dan menjadi komandan pembangunan di daerah.

Oleh: Prof Dr Manlian Ronald A Simanjuntak ST MT DMin

Penulis adalah Guru Besar Universitas Pelita Harapan