Beranda Pendidikan SMA Negeri dan Swasta se-Banten siap mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK)

SMA Negeri dan Swasta se-Banten siap mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK)

879
SMA Negeri dan Swasta se-Banten siap mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK)
Pelajar sedang mengikuti UNBK foto: twitter.com

SERANG, Pelitabanten.com – Sebanyak 60.292 pelajar pada jenjang pendidikan SMA Negeri dan Swasta se-Banten siap mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK), yang dimulai Senin (9/4/2018).

Wakil Gubernur Andika Hazrumy di Serang, Minggu (8/4/2019) mengharapkan semua unit sekolah penyelenggara UNBK mempersiapkan diri dengan baik demi kelancaran pelaksanaan UNBK tersebut.

Menurutnya, dengan 100 persen pelajar SMA/SMK di Banten ikut UNBK, maka diharapkan akan mampu meningkatkan mutu dan kualitas pelajar di Provinsi Banten.

“Saya berharap UNBK pada jenjang pendidikan SMA bisa berjalan dengan sukses, tanpa ada ganguan yang berarti. Saya juga minta kepada Dindikbud Banten, untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung UNBK ini berjalan dengan lancar,” kata Andika.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, jumlah sekolah penyelenggara UNBK pada jenjang pendidikan SMA sebanyak 529 sekolah. Sekolah penyelenggara UNBK di Banten yakni Kota Serang 29 sekolah, Kota Tangerang 83 sekolah, Kota Cilegon 22 sekolah, Kota Tangerang Selatan 79 sekolah, Kabupaten Serang 76 sekolah, Kabupaten Pandeglang 37 sekolah, Kabupaten Lebak 53 sekolah, Kabupaten Tangerang 150 sekolah.

Sedangkan jumlah peserta UNBK pada jenjang pendidikan SMA di Kota Serang 3.998 peserta, Kota Tangerang 10.174 peserta, Kota Cilegon 2.351 peserta, Kota Tangerang Selatan 8.945 peserta, Kabupaten Serang 7.392 peserta, Kabupaten Pandeglang 4.647 peserta, Kabupaten Lebak 6.091 peserta, Kabupaten Tangerang 16.694 peserta. Sehingga jumlah total peserta UNBK SMA di Banten sebanyak 60.292.

Baca juga :  Paramount Land Gelar Speed Offroad Nasional di Gading Serpong

Sedangkan jadwal mata pelajaran UNBK pada Tanggal Senin 9 April Bahasa Indonesia, Selasa 10 April Matematika, Rabu 11 April Bahasa Inggris dan Kamis 12 April adalah mata pelajaran sesuai dengan jurusan yang diujikan atau sesuai program studi yang diambil oleh peserta.

Salah satu sekolah penyelenggara UNBK SMA di Kota Serang yakni SMA Negeri 1 Kramatwatu, sudah mempersiapkan 80 unit computer dengan 10 unit computer cadangan dan 5 server.

“Jumlah peserta UNBK dari SMA Negeri 1 Kramatwatu Serang sebanyak 206 peserta,” kata Kepala SMAN 1 Kramatwatu Kota Serang, Agus Rustamana.

Ia berharap UNBK tahun ini bisa berjalan sukses dan menghasilkan nilai yang memuaskan bagi peserta didiknya. Sejumlah persiapan untuk menghadapi UNBK bagi pelajar SMA Negeri 1 Kramatwatu sudah dilakukan seperti pengayaan soal, tes untuk jaringan dan penyiapan server.

Senada disampaikan Kepala SMA Negeri 2 Serang, Deni Arif Hidayat, jumlah peserta UNBK dari SMA Negeri 2 Serang sebanyak 678 peserta dengan menggunakan 250 unit computer. Dari jumlah tersebut 150 milik sekolah, dan sisanya berasal dari pinjaman orangtua siswa yang memberikan dukungan untuk menyukseskan UNBK tersebut.

“Kami sudah menyiapkan semuanya. Tinggal pelaksanaan besok,” kata Deni.

Baca juga :  Amanat Warga Kepada WH-Andika di Pilkada Banten 2017