Ribka: Pemerintah RI Harus Mengeluarkan Nota Protes Diplomatik Kepada Kerajaan Arab Saudi!

Ribka: Pemerintah RI Harus Mengeluarkan Nota Protes Diplomatik Kepada Kerajaan Arab Saudi!

JAKARTA, Pelitabanten.com – Kembali dieksekusi mati di Arab Saudi. Zaini Misrin Arsyad, TKI berasal dari Madura dieksekusi mati pada Minggu, 18 Maret 2018. Seperti sebelumnya, proses eksekusi tanpa pemberitahuan kepada Pemerintah RI.

Dalam aturan hukuman international dikenal istilah Mandatory Consular Notification (MCN) yang terdapat dalam Vienna Convention on Consular Relation (VCCR) 1963.  MCN merupakan sebuah perjanjian dimana apabila terdapat Negara Asing di suatu Negara ditahan atau menghadapi masalah, maka Pemerintah Negara penerima wajib memberitahukan kepada Perwakilan Negara asal WNA tersebut mengenai masalah yang dihadapi oleh Warga Negaranya dalam suatu kurun waktu yang disepakati bersama, misalkan 3 hari kerja, 7 hari kerja, atau without delay.

Dr. Ribka Tjiptaning P., AAK, Komisi-IX DPR RI Fraksi mengecam apa yang sudah dilakukan otoritas hukum di Negara Arab Saudi yang begitu semena-mena memperlakukan Negara lain. Jelas-jelas Pemerintah Arab Saudi mengabaikan tata krama Hukum Internasional.

Baca Juga:  Wali Kota Tangerang Lepas Lomba Lari 10K

“Saya juga mendesak Pemerintah RI dalam hal ini Kementerian Luar Negeri untuk melayangkan Nota Diplomatik kepada Arab Saudi atas kebijakannya yang melakukan eksekusi hukuman mati kepada tanpa melalui proses pemberitahuan terlebih dahulu,” ucap Ribka Tjiptaning. Senin (19/3/2018)

Ia juga mendesak Kementerian Luar Negeri RI bekerja lebih keras lagi dalam usaha melindungi Negara Indonesia di Luar Negeri dan membebaskan Warga Negaranya yang terancam hukuman (mati) di Arab Saudi dan beberapa Negara lainnya agar peristiwa serupa tidak berulang.

“Saya turut berdukacita. Semoga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan.” tutupnya.