Beranda Peristiwa Kota Tangerang KPU Kota Tangerang Akan Selenggarakan Apel Kesiapan Coklit di 13 Kecamatan

KPU Kota Tangerang Akan Selenggarakan Apel Kesiapan Coklit di 13 Kecamatan

569
KPU Kota Tangerang Akan Selenggarakan Apel Kesiapan Coklit di 13 Kecamatan

TANGERANG, Pelitabanten.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang sosialisasikan proses pencalonan Pilkada Kota Tangerang tahun 2018 di markas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tangerang, Jalan TMP Taruna, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Rabu (17/1/2018).

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi dalam konferensi persnya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk keseriusan KPU untuk mensukseskan Pilkada 2018. Dan kali ini, ia memberikan sosialisasi melalui media yang ada di organisasi PWI agar dapat menginformasikan kepada seluruh masyarakat secara utuh dan akurat.

“Kami harap media terus menjadi mitra dalam rangka mensukseskan Pilkada 2018. Dan pada 20 Januari ini, kita akan melakukan apel kesiapan Coklit pemutakhiran data di seluruh kecamatan Se-Kota Tangerang,” ungkap Sanusi didampingi Komisioner KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra Divisi Perencanaan dan Data, Nurhalim Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, serta juga Bambang Hariadi Divisi Hukum.

Kata Sanusi, Pencocokan dan Penelitian (coklit) akan dilakukan selama 18 hari mulai 20 Januari sampai 18 Februari 2018. Untuk jumlah pemilih di Kota Tangerang sekitar 1,13 juta pemilih dengan jumlah TPS sebanyak 3093. Dan dalam pemutakhiran data juga melibatkan 5 Komisioner KPU Kota Tangerang.

Pada sesi diskusi, Sanusi juga mensosialisasikan terkait kotak kosong. Menurutnya, kotak kosong juga termasuk bagian hak pilih warga khususnya di Kota Tangerang. Oleh karenanya, KPU akan berlaku adil dengan sama-sama mensosialisasikan Pasangan Calon dan Kotak Kosong.

“Setiap warga negara dapat melakukan sosialisasi. Artinya untuk sosialisasi setiap warga negara berhak mensosialisasikan,” ujarnya.

Kemudian jika dalam Pilkada nanti dimenangkan kotak kosong, lanjut Sanusi, maka yang akan melanjutkan kepemimpinan yakni Plt walikota hingga pelaksanaan Pilkada serentak berikutnya.

“Namun pada prinsipnya kami tetap fokuskan tingkat partisipasi pemilih. Targetnya sebanyak 78 persen jumlah partisipasi pemilih,” imbuhnya.

Komisioner KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra mengatakan, sebanyak 20 ribu rumah akan didatangi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk keperluan coklit di Pilkada Kota Tangerang 2018.

“Kita targetkan coklit pada 20 ribu rumah di Kota Tangerang pada hari pertama. Namun di hari kedua dan selanjutnya jumlah pencoklitan akan lebih,” katanya.

Ia melanjutkan, PPDP seluruhnya akan kami terjunkan ke rumah-rumah warga. Tugasnya yakni melakukan pendataan jumlah pemilih baru yang berusia 17 tahun serta mencoret data pemilih yang meninggal atau pindah.

Sementara dalam sambutan singkatnya, Ketua PWI Kota Tangerang, Muhammad Fahmi mengapresiasi langkah KPU Kota Tangerang dalam mensosialisasikan Pilkada tahun 2018. Menurutnya, KPU sebagai penyelenggara memang harus gencar mensosialisasikan Pilkada kepada masyarakat agar tercapai targetnya.

“Kami semua mengapresiasi langkah KPU Kota Tangerang dalam bersosialisasi. Kita juga akan terus berupaya menyajikan berita secara utuh dan akurat,” tandasnya.