Beranda Budaya KPU Rangkul Guru Silat Betawi se-Kecamatan Larangan Sosialisasikan Pilkada Kota Tangerang

KPU Rangkul Guru Silat Betawi se-Kecamatan Larangan Sosialisasikan Pilkada Kota Tangerang

601
KPU Rangkul Guru Silat Betawi se-Kecamatan Larangan Sosialisasikan Pilkada Kota Tangerang

TANGERANG, Pelitabanten.com – Dalam rangka menggalakkan Gerakan “Saya Mencoblos” untuk Pilkada Kota Tangerang 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang gandeng puluhan guru silat Betawi se Kecamatan Larangan untuk mensosialisasikan Pilkada Kota Tangerang 2018 di Kantor Kecamatan Larangan, Sabtu (6/1/2018).

“Kami berupaya melakukan sosialisasi Pilkada Kota Tangerang dari berbagai lini. Termasuk seni budaya juga kami masuk kedalamnya untuk meningkatkan partisipasi Pilkada Kota Tangerang 2018,” kata Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang.

Sosialisasi Pilkada, kata Sanusi, harus berbasis partisipatif langsung dari masyarakat. Makanya, melalui seni silat Betawi kami ingin para penggiat seni silat juga dapat mensosialisasikan Pilkada kepada masyarakat luas.

“Guru guru Silat Betawi ini memiliki murid yang sangat banyak di Kecamatan Larangan. Makanya, kami gandeng mereka untuk bisa menyebarkan informasi Pilkada dan menggalakan Gerakan Saya Mencoblos, Rabu 27 Juni 2018,” ucap Sanusi.

Kegiatan yang juga dihadiri Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim, Anggota Panwaslu Kota Tangerang, Heri Handani, Sesepuh Perguruan Silat Betawi, Soleh bin Hasbullah, Sekretaris Camat (Sekcam) Larangan, Samsul Karmala ini, selain menampilkan jurus Beksi dari ratusan murid, juga dilakukan penyebaran selebaran tanggal dan waktu coblos Pilkada Kota Tangerang oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Larangan.

Baca juga :  Perkosa Anak Tiri Divonis 14 Tahun Penjara

Ketua Panwaslu Kota Tangerang, Agus Muslim, mengapresiasi langkah KPU yang banyak melakukan inovasi dan kreatifitas dalam sosialisasi. “Baru kali ini, saya pribadi melihat langkah-langkah KPU yang seperti ini. Kami berharap selain masyarakat datang ke TPS juga mau mengawasi Pilkada secara bersama-sama,” ucap Agus.

KPU Rangkul Guru Silat Betawi se-Kecamatan Larangan Sosialisasikan Pilkada Kota Tangerang KPU Rangkul Guru Silat Betawi se-Kecamatan Larangan Sosialisasikan Pilkada Kota Tangerang

Sekcam Larangan, Samsul Karmala mengatakan, Silat Betawi memang menjadi basis kegiatan seni di Kecamatan Larangan. Langkah KPU menggandeng para guru silat Betawi ini sangat tepat. “Kami ingin tiap bulan latihan gabungan Silat Betawi se Larangan ini dilaksanakan. Bersamaan dengan itu sampaikan informasi soal Pilkada,” sebut Samsul.

Dikatakan Ketua Pelaksana Latihan Gabungan Silat Betawi se Kecamatan Larangan, Sofyan, bahwa kegiatan latihan gabungan ini baru kali ini dilaksanakan di Larangan. Padahal, puluhan perguruan Silat Betawi sangat banyak di Larangan.

“Kami juga berterimakasih kepada KPU Kota Tangerang yang mau menggandeng kami dan membuat agenda ini. Mudah mudahan agenda ini dapat dilaksanakan tiap bulan, dan kami seluruh guru siap menyukseskan program-program pemerintah,” kata pria yang akrab disapa Iyan ini.

Kata Iyan, dia berharap pemerintah juga mau terus memfasilitasi pengembangan dan peningkatan kegiatan seni Silat Betawi. “Kecamatan Larangan ini gudangnya seni Betawi, kalau bukan pemerintah yang mengembangkan kesenian ini siapa lagi. Rencana latihan gabungan tiap bulan ini harus terus disupport Pemerintah dan seluruh warga Kecamatan Larangan,” tandas Iyan

Baca juga :  Jual Sabu, Toke Ditangkap Polisi Di Kontrakan