Beranda Peristiwa Kota Tangerang Gubernur Banten Apresiasi Peresmian Kereta Bandara Soekarno Hatta

Gubernur Banten Apresiasi Peresmian Kereta Bandara Soekarno Hatta

573
Gubernur Banten Apresiasi Peresmian Kereta Bandara Soekarno Hatta

TANGERANG, Pelitabanten.com – Memasuki tahun 2018, Kereta Bandara Soekarno Hatta menuju Jakarta diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kabinet Kerja serta Gubernur Banten Wahidin Halim di Integrated Building Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Selasa (2/1/2018).

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pengoperasian Kereta Bandara Soekarno-Hatta,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi bersama para pejabat yang hadir pun langsung menekan tombol tanda peresmian. Setelah itu, Jokowi dan rombongan naik ke kereta bandara dan menempuh perjalanan ke Stasiun Sudirman Baru, Jakarta.

Kepala Negara didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno; Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono; serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ada juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengapresiasi peresmian Kereta Bandara Soekarno Hatta. Ia mengatakan dengan adanya moda trasnportasi Kereta Bandara Soekarno Hatta ini, mempermudah masyarakat Banten untuk beraktifitas dari Banten menuju Jakarta dan sebaliknya.

“Akses model seperti ini sesuai dengan kebutuhan fasilitas trasnsportasi Bandara Soekarno Hatta, karena bandara ini termasuk bandara kelas Internasional yang berada di Banten,” kata Wahidin Halim

Kereta bandara nantinya terdiri dari 12 rangkaian kereta yang masing-masing rangkaian memiliki 42 bangku dengan total angkut sebanyak 272 penumpang.

Waktu tempuh untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan kereta bandara diperkirakan selama 54 menit.

Adapun, Rute kereta Bandara Soekarno-Hatta adalah Stasiun Manggarai – Sudirman Baru – Duri – Batu Ceper – Bandara Soekarno Hatta

Pada masa pengoperasian awal nanti, kereta Bandara Soekarno-Hatta tidak langsung berangkat dari Stasiun Manggarai lantaran stasiun tersebut masih dalam proses konstruksi.

Setelah diresmikan Jokowi, tarif kereta bandara adalah Rp 70.000 sekali perjalanan.