Cegah Disharmoni di Papua, Pemerintah Harus Perkokoh Nasionalisme dan Pemerataan Pembangunan

Cegah Disharmoni di Papua, Pemerintah Harus Perkokoh Nasionalisme dan Pemerataan Pembangunan

KOTA , PelitaBanten.com – Pemerintah harus terus memperkokoh nasionalisme, pemerataan pembangunan guna mencegah faktor ketidakpuasan Papua sehingga tidak menimbulkan upaya disintegrasi.

Penegasan itu disampaikan dosen Universitas Syech Yusuf (Unis) Tangerang, Hilman dalam Focus Group Discussion (FGD) bertemakan “Pemerataan Pembangunan dan Nasionalisme di Papua” yang diselenggarakan Yayasan Abdi Bangsa, di sebuah makan di Jl Syech Yusuf, Kota Tangerang, Rabu pagi 27 Desember 2017.

Dikatakannya, potensi sumber (SDA) dan sumber daya manusia () Papua sangat besar. Tuhan menganugerahkan bumi Papua dengan segala kekayaan alamnya.

“Namun di tengah bergelimang kekayaan bumi dan laut Papua ada kesenjangan ekonomi dan ketimpangan pembangunan di sana,” ungkap Hilman.

Menurut Hilman, kesejahteraan rakyat dan pezmbangunan harus merata sehingga tidak terjadi ketimpangan ekonomi dan sosial. Pembangunan jangan terpusat di Jawa dan Sumatera.

Baca Juga:  Teliti Pilgub Banten, Asep Ferry Bastian Jadi Doktor Pria Termuda di UNIS Tangerang

“Jika terjadi ketimpangan dalam kesejahteraaan maka itu bisa menimbulkan disharmoni,” ujar Hilman.

Ditegaskan Hilman, pemerintah mutlak harus membuat kebijaksanaan pro kesejahteraan. Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar jika bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).***

• Ateng Sanusih