Beranda Bisnis Cerita Penumpang Saat Menaiki Kereta Bandara Soetta Pelayanan Perdana

Cerita Penumpang Saat Menaiki Kereta Bandara Soetta Pelayanan Perdana

806
Cerita Penumpang Saat Menaiki Kereta Bandara Soetta Pelayanan Perdana

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Senyum tersungging dari bibir manis Maulana (25) saat tiba di Stasiun Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Selasa (26/12/2017) sekitar pukul 05.00 WIB. Ia merupakan satu dari penumpang yang menaiki Kereta Bandara dalam pelayanan perdana berbayar pada hari ini.

Lelaki berkacamata dan mengenakan kemeja kotak – kotak itu disambut hangat oleh sejumlah direksi PT Angkasa Pura II. Direktur PT AP II Muhammad Awalludin dan Senior General Manager Bandara Soetta Suriawan Wakan sejak pukul 03.00 menunggu kedatangan penumpang moda transportasi anyar tersebut.

Cerita Penumpang Saat Menaiki Kereta Bandara Soetta Pelayanan Perdana Cerita Penumpang Saat Menaiki Kereta Bandara Soetta Pelayanan Perdana

Uji coba penyambutan penumpang pengoperasian Kereta Bandara pelayanan pertama kali berbayar memang disambut meriah di Stasiun Bandara Soetta. Raut wajah Maulana pun terlihat gerogi ketika dikalungi rangkaian bunga oleh para pejabat pengelola Bandara Soekarno Hatta.

“Saya mau naik kereta bandara ini sampai nginep dulu di Stasiun Sudirman Jakarta,” ujar Maulana saat ditemui Wartawan di Stasiun Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (26/12/2017) pagi.

Lelaki berusia 25 tahun tersebut merupakan warga asal Depok. Dan memang berniat naik kereta untuk sampai di Bandara Soetta.

“Baru pertama kali naik kereta bandara ini. Cepat sih, cuma sekitar 30 menitan sampai,” ucapnya.

Hal tersebut sangat membantunya guna mengejar waktu jadwal penerbangan. Ia menyebut biaya yang dikeluarkan untuk menumpangi alat transportasi massal ini sebesar Rp. 30.000.

“Murah ya, tempat duduknya nyaman. Di dalam fasilitasnya biasa saja, enggak dikasih makanan juga,” ucapnya sambil tertawa.

Sementara itu Fakih (28) satu dari calon penumpang lainnya menyinggung soal tarif yang dikenakan saat menaiki Kereta Bandara. Seperti diketahui pada hari ini hingga 1 Januari 2018 penumpang dikenai biaya sebesar Rp. 30.000.

Namun untuk selanjutnya atau tarif normal, masyarakat akan dibebankan membayar Rp. 70.000. Hal ini yang menjadi keberatan Fakih.

“Harusnya jangan sama ratakan tarifnya, kan berbeda jaraknya. Kalau dari Stasiun Sudirman ke Bandara Soetta, bayar Rp. 70.000. Masa dari Batuceper yang dekat dengan Bandara tarifnya sama juga Rp. 70.000,” kata Fakih.

Sementara itu Nunink dari pihak Bisnis Railink sebagai pengelola Kereta Bandara menjelaskan perihal ini. Menurutnya ini baru tahap soft launching saja.

“Peresmiannya kan nanti tanggal 2 Januari, ini baru soft launching untuk pelayanan berbayar. Nanti juga harganya akan disesuaikan dengan jarak tempuh,” paparnya.