Beranda Peristiwa Kabupaten Lebak Dishub Kabupaten Lebak Jamin Angkutan Natal dan Tahun Baru Berjalan Lancar

Dishub Kabupaten Lebak Jamin Angkutan Natal dan Tahun Baru Berjalan Lancar

589
Dishub Kabupaten Lebak Jamin Angkutan Natal dan Tahun Baru Berjalan Lancar

LEBAK, Pelitabanten.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Lebak menjamin angkutan Natal dan Tahun Baru 2018 berjalan lancar karena petugas siaga selama 24 jam untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui jasa angkutan kereta api maupun penumpang bus.

“Kami terus berupaya berkoordinasi Kepolisian, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Stasiun Rangkasbitung dan Terminal Bus Mandala,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak Sumardi di Lebak, Senin (25/12/2017)

Perjalanan commuter line atau KRL melalui Stasiun Rangkasbitung padat penumpang sejak pagi hingga siang, namun kondisinya berjalan lancar. Begitu juga Teminal Bus Mandala hingga kini tampak lancar dan tidak terlihat antrean penumpang. Selain itu juga sejumlah jalan raya yang menghubungkan wilayah Kabupaten Serang, Tangerang dan Bogor serta Sukabumi tidak terjadi antrean kendaraan, meski angkutan cenderung meningkat. Mereka petugas di jalan raya mengoptimalkan kelancaraan arus lalu lintas dengan mendirikan posko pengamanan.

“Kami mengutamakan keselamatan dan kelancaraan sehingga masyarakat yang ingin merayakan Natal dan Tahun Baru selamat sampai tujuan,” ujarnya.

Menurut dia, diperkirakan penumpang yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru akan mengalami kenaikan tajam dengan menggunakan kendaraan kereta api, bus, mobil pribadi dan sepeda motor. Karena itu, pihaknya juga menyiapkan cadangan bus jika terjadi lonjakan penumpang. Kemungkinan penumpang yang akan ramai mereka mengunjungi objek wisata di Kabupaten Lebak.

“Kami optimistis semua penumpang yang hendak merayakan Natal dan Tahun Baru terlayani dengan baik dan tidak ditemukan penumpang terlantar,” katanya.

Kepala Stasiun KA Rangkasbitung Endarno mengatakan para puncak mudik Natal pada Sabtu (23/12) dan Minggu (24/12) diperkirakan mencapai 12.000 per hari. Selama ini, masyarakat lebih menyukai angkutan commuter line karena tarifnya dinilai terjangkau juga nyaman dibandingkan naik kendaraan umum.

“Kami terus mengoptimalkan pelayanan prima agar semua penumpang bisa terangkut sampai tujuan dengan selamat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Terminal Bus Mandala Rangkasbitung Rina mengatakan pihaknya memprediksikan penumpang Natal dan Tahun Baru terjadi kenaikan sekitar 10 persen. Karena itu, pihaknya menjamin angkutan kendaraan umum berjalan lancar tanpa terjadi kemacetan maupun kekurangan kendaraan.

“Kami menyiapkan kendaraan sekitar 95 bus dan mencukupi untuk angkutan Natal dan Tahun Baru 2018,” katanya.