Beranda Pendidikan Outing Class Tumbuhkan Kreativitas Santri Ponpes Daarul Ishlah Cilegon

Outing Class Tumbuhkan Kreativitas Santri Ponpes Daarul Ishlah Cilegon

603
Outing Class Tumbuhkan Kreativitas Santri Ponpes Daarul Ishlah Cilegon
Outing class untuk santri kelas 1 dan 2 Ponpes Daarul Ishlah di Cikole, Kota Bandung.

CILEGON, Pelitabanten.com – Salah satu bentuk pembelajaran yang dilakukan di Ponpes Daarul Ishlah Cilegon adalah pembelajaran di luar kelas (outing class). Outing kelas merupakan salah satu program pembelajaran bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas santri.

“Melalui outing class santri Ponpes Daarul Ishlah, khususnya kelas 1 dan 2 dapat belajar untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar,” ucap Ustaz Bahrul Ulum, Sabtu (23/12/2017).

Pelaksanaan outing class untuk santri kelas 1 dan 2 Ponpes Daarul Ishlah dilakukan di Cikole, Kota Bandung, di sini para santri belajar bersama, mulai dengan melakukan outboand, kerjasama kelompok melalui games dan berkuda di lokasi De’ Ranch.

Semua kegiatan pembelajaran ini dilakukan untuk melatih kerjasama dan ketangkasan para santri. Kerjasama dan ketangkasan adalah modal bagi para santri Daarul Ishlah dalam berorganisasi.

Dalam pembelajaran outing class ini pun para santri dengan didampingi para ustadz dan ustadzah berkunjung ke Rumah Produksi Tahu Susu Lembang, di sini para santri belajar secara langsung tentang pembuatan dan produksi tahu tersebut.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengenal dan membangun kecintaan terhadap produk dalam negeri atau disebut dengan kearifan lokal.

Pada kegiatan ini juga santri berkunjung ke pasar terapung sambil belajar memahami fenomena pasar tersebut yang merupakan bagian dari tradisi dan budaya masyarakat setempat.

Di sini santri kelas 1 dan 2 Ponpes Daarul Ishlah diajarkan untuk belajar menghargai setiap tradisi dan budaya masyarakat yang ada di Indonesia, khususnya masyarakat Bandung.

Dalam menanggapi kegiatan ini, salah satu pimpinan Ponpes Daarul Ishlah, Dr. Hj. Ratu Amalia Hayani mengatakan, “Kegiatan outing kelas adalah kegiatan positif yang diarahkan untuk membuka cakrawa setiap santri Ponpes Daarul Ishlah,” ucap Mudirotul Ma’had Ponpes Daarul Ishlah.

Kegiatan outing kelas yang diadakan di Lembang Bandung ini bagian dari program pembelajaran Ponpes Daarul Ishlah. Sebagai salah satu pesantren modern di Kota Cilegon, Ponpes Daarul Ishlah selalu siap dalam menyiapkan para santri untuk memiliki pengetahuan dan cakrawala yang luas.