Beranda Peristiwa Kota Tangerang Ratusan WNA Diamankan Petugas Bandara Soekarno Hatta, Dominan Warga Tiongkok

Ratusan WNA Diamankan Petugas Bandara Soekarno Hatta, Dominan Warga Tiongkok

578
Ratusan WNA Diamankan Petugas Bandara Soekarno Hatta, Dominan Warga Tiongkok

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Ratusan warga negara asing (WNA) berhasil diamankan jajaran Imigrasi Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Dari ratusan orang yang diamankan tersebut didominasi dari Tiongkok.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Imigrasi Bandara Soetta, Enang Supriyadi Syamsi. Ia pun menjabarkan terkait hasil penindakan ini selama pengawasan di Bandara Soekarno Hatta.

“Ada 562 WNA kami amankan, paling banyak ini dari China,” ujar Enang saat ditemui di Kantor Imigrasi Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (19/12/2017).

Selain Tiongkok, mereka yang diamankan juga berasal dari berbagai negara. Di antaranya Malaysia, Jepang, Singapura, Korea Selatan, serta Saudi Arabia.

“Mereka kami tangkap karena alasan keimigrasian,” ucapnya.

Mulai dari data palsu, termasuk dalam daftar cekal, masa berlaku paspor, mengganggu ketertiban umum, dan lain sebagainya. Menurutnya dari 562 WNA yang diamankan itu hasil penindakan selama kurun waktu setahun ini.

“Data pada tahun ini perbandingannya memang menurun dari tahun sebelumnya. Tahun 2016 sebanyak 719 WNA yang kami amankan,” kata Enang.

Enang menyebut trend penurunan tersebut disebabkan lebih ketatnya pengawasan di Bandara Soetta. Pasalnya pihaknya mau pun negara secara tegas melakukan penolakan terhadap orang – orang asing yang tidak berkepentingan untuk datang ke Indonesia.

Baca juga :  Akibat Kebakaran, Rumah Satu Keluarga Hangus Akibat Korsleting Listrik

“Maka dari itu kami kuatkan sistem filter dalam mendeteksi kedatangan para WNA tersebut,” paparnya.