Beranda Peristiwa Nasional PDI Perjuanagan Gelar Rakornas Tiga Pilar Usung Ekonomi Kerakyatan

PDI Perjuanagan Gelar Rakornas Tiga Pilar Usung Ekonomi Kerakyatan

571
PDI Perjuanagan Gelar Rakornas Tiga Pilar Usung Ekonomi Kerakyatan
Presiden Jokowi , Wapres Jusuf Kalla, Presiden ketiga BJ Habibie dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menumbuk padi saat acara Rakornas Tiga Pilar PDI Perjuangan di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (16/12/2017).

TANGERANG, Pelitabanten.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar acara Rapat Koordinasi Tingkat Nasional (Rakornas) Tiga Pilar Bidang Ekonomi Kerakyatan di Indonesia Conventiom Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten. Sabtu (16/12/2017)

Acara Rakornas PDI Perjuangan dihadiri sejumlah tokoh Nasional. Antara lain Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dan juga Presiden RI ke 3 Baharudin Jusuf Habibie. Selain itu hadir juga pejabat lainnya yakni Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Meteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Sekjen PDIP Hasto Kristianto.

Dalam sambutannya Megawati mengatakan, rakornas kali ini fokus untuk mendorong para kader dapat menjadi pelopor ekonomi Indonesia yang mandiri. Tidak bergantung oleh bangsa lain.

“PDIP Perjuangan menegaskan tekadnya untuk mempelopori gerakan ekonomi berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari suatu gerakan ekonomi gotong royong dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat,” ungkapnya

Megawati juga mengatakan, semangat berdikari harus diterapkan juga untuk seluruh aspek. Bukan hanya sektor ekonomi, tetapi Indonesia harus bisa berdikari dalam aspek sosial budaya dan politik

“Pembangunan Berdikari merupakan perencanaan pembangunan menyeluruh overall planning secara bidang politik ekonomi sosial budaya dan mental perencanaan bangunan tersebut harus menjadi milik rakyat dan dilaksanakan seluruh elemen rakyat Indonesia,” ujarnya

Sesuai tema, Jokowi menuturkan tentang usaha pemerintah dalam mewujudkan ekonomi berdikari.

Salah satunya, dengan membuka akses jalan untuk daerah-daerah terpencil. “Ini jalan rusak lho. Ini jalan rusak,” ujar Jokowi sembari memperlihatkan gambar dalam slide show dan video dari panggung.

“Ini jalan di Papua yang sudah kita bangun. Meski sebagian belum beraspal tapi yang penting sudah kita buka terutama di Pegunungan Tengah,” kata Jokowi

Dia pun mengatakan pembangunan tersebut bisa cepat terlaksana atas jasa Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono. Menteri Basuki kemudian berdiri dan memberi salam hormat kepada undangan.

Acara ini dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan memyanyikan mars PDIP. Kader PDIP yang ikut dalam rakornas ini diperkirakan jumlahnya mencapai 1400 peserta.

Dalam rakornas ini juga terdapat gelaran pameran sekitar 300 pelaku usaha mulai dari sektor pertanian, peternakan, budidaya ikan, hingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).