Beranda Peristiwa Kabupaten Lebak BPBD Lebak: Akibat Angin Kencang dan Hujan Lebat, Tiga Rumah Rusak

BPBD Lebak: Akibat Angin Kencang dan Hujan Lebat, Tiga Rumah Rusak

542
BAGIKAN
BPBD Lebak: Akibat Angin Kencang dan Hujan Lebat, Tiga Rumah Rusak
Ilustrasi

LEBAK, Pelitabanten.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak, Banten, menyebutkan dua rumah di daerah Malingping dan satu rumah di daerah Cipanas, Lebak  mengalami kerusakan akibat pohon tumbang.

“Kami menerima laporan rumah tertimpa pohon itu kondisinya rusak berat setelah diterjang hujan dan angin kencang,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi saat dihubungi di Lebak, Kamis (30/11/2017)

Ketiga rumah tertimpa pohon itu milik Misnah (50) warga Desa Malingping Selatan Kecamatan Malingping juga rumah Suardi (55) dan Marjaya (50) warga Desa Haur Kecamatan Cipanas. Beruntung, kejadian bencana itu tidak menimbulkan korban jiwa. Saat ini, masyarakat yang rumahnya terdapat pohon tinggi cukup banyak dan mengkhawatirkan tumbang jika dilanda hujan lebat disertai angin kencang.

BPBD Lebak mengimbau masyarakat yang memiliki pohon tinggi dan berdekatan dengan rumah agar dilakukan penebangan guna menghindari kecelakaan. Selama ini, curah hujan disertai angin kencang melanda wilayah Lebak dan terjadi siang, sore dan malam.

“Kami minta warga yang rumahnya terdapat pohon tinggi agar mewaspadai bencana itu,” ujarnya.

Menurut dia, BPBD selain menerima laporan pohon tumbang juga longsoran tanah yang mengakibatkan dua rumah warga rusak berat. Kedua rumah warga itu milik Ujang Supriatna (50) san Robian (45) warga Desa Bayah Barat Kecamatan Bayah.

Warga rumah yang terkena longsoran tanah itu karena posisinya berada di tebing sehingga rawan terjadi bencana alam. Ia menyarankan warga yang terkena longsoran tanah itu agar direlokasi ke tempat yang lebih aman.

“Kami minta warga yang rumahnya di lokasi rawan bencana alam agar meningkatkan waspada sehubungan cuaca buruk itu,” katanya menjelaskan.

Untuk meringankan beban ekonomi masyarakat,pihaknya telah menyalurkan bantuan kebutuhan bahan pokok kepada warga yang terkena bencana alam itu. Penyaluran bantuan itu berupa beras, gula, susu, lauk pauk dan peralatan dapur.

“Kami berharap bantuan sembako itu dapat meringankan masyarakat yang terkena bencana alam,” katanya.

Sementara itu, sukarelawan tangguh Kabupaten Lebak Hendi mengatakan bahwa dirinya langsung ke lokasi rumah yang terkena pohon tumbang untuk dilakukan evakuasi. Pohon yang menimpa rumah itu dipastikan sudah tua sehingga tumbang diterpa angin kencang .

“Kami sudah melakukan pemotongan pohon yang tumbang itu,” katanya.

BAGIKAN