Beranda Advetorial Sport Center Berkelas Internasional di Banten Segera Terwujud

Sport Center Berkelas Internasional di Banten Segera Terwujud

973
BAGIKAN
Sport Center Berkelas Internasional di Banten Segera Terwujud
Maket Sport Center Banten

PALEMBANG, Pelitabanten.com – Pemerintah Provinsi Banten pada tahun anggaran 2018 akan memulai pembangunan pembangunan pusat olahraga Sport Center  bertaraf internasional. Lokasi sport center tersebut berada di Desa Kemanisan, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang.

Pembangunan sport center milik Provinsi Banten ini telah direncanakan lama. Detail Enginering Design (DED) pembangunan sport center tersebut sudah dibuat sejak 2009 lalu dan pembangunannya akan dimulai 2018.

“DED-nya sudah ada, dulu dibangun sejak 2009. Anggaran yang sudah digunakan sekitar Rp11,9 miliar. Mudah-mudahan fisiknya kita mulai 2018,” kata Gubernur Banten, Wahidin Halim beberapa waktu lalu.

Sementara untuk pembangunan fisik sport center, Pemprov Banten menganggarkan sebesar Rp350 sampai Rp450 miliar. Pembangunan sport center seluas 50 hektare itu dilakukan bertahap dimulai 2018.

Studi Banding ke Jakabaring Sport City Palembang

Untuk mempelajari pembangunan kawasan pusat olahraga, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy pun melakukan studi banding ke Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan.

Selain mempelajari teknis lokasi, Andika juga memastikan bahwa keberadan sport center bisa mendatangkan keuntungan ekonomis bagi pemerintah daerah. Sebab, keberadaan sport center yang akan dibangun di Banten akan diproyeksikan untuk menarik penyelenggaraan event-event olahraga yang bertaraf nasional maupun internasional.

“Untuk itu lah kami sengaja belajar ke Jakabaring ini yang sudah terbukti berhasil mewujudkan cita-cita daerah untuk menjadi ikon penyelenggaraan olahraga, bahkan untuk tingkat internasional,” imbuh Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy. Rabu (22/11/2017)

Namun menurut Andika, sport center yang akan dibangun di Banten juga sebagai bentuk perhatian Pemprov Banten dalam menyediakan fasilitas olahraga yang layak dan bertaraf internasional bagi warga dan atlet Banten.

Ia berharap keberadaan sport center di Banten bisa mendorong tumbuhnya atlet-atlet Banten berkelas nasional dan internasional. “Intinya kami ingin sport center ini nantinya memang standarnya berkelas nasional dan internasional. Terlepas tujuan awal kami untuk pusat pelayanan olahraga warga, tapi dengan fasilitas bertaraf nasional serta internasional yang dimiliki, keinginan untuk menjadi lokasi event olahraga nasional dan internasional juga sekaligus dapat terwujud ,” imbuhnya. [adv-kominfo]