Beranda Bisnis Dukung UMKM, Pasar Modern BSD City Kembali Gelar Pasar Rakyat School

Dukung UMKM, Pasar Modern BSD City Kembali Gelar Pasar Rakyat School

442
BAGIKAN
Dukung UMKM, Pasar Modern BSD City Kembali Gelar Pasar Rakyat School

TANGERANG SELATAN, Pelitabanten.com – Airin Rachmi Diany Wali Kota Tangerang Selatan,  menjadi pembicara dalam program Pasar Rakyat School di Pasar Modern BSD City. Kamis (23/11/2017).

Pada kesempatan kali ini, Wali Kota Tangerang Selatan memaparkan “Pasar Sebagai Bagian dari Smart City” kepada para pelaku UMKM. Salah satu komponen smart city adalah smart economy dimana dalam menjalankannya dibutuhkan smart people dan smart infrastructure & technology.

Pasar Modern BSD City  merupakan salah satu fasilitas ekonomi di BSD City yang memiliki peran vital bagi masyarakat, serta merupakan bagian dari smart city itu sendiri. Dengan demikian, peningkatan kapasitas pelaku UMKM di Pasar Modern BSD City terkait teknologi diperlukan agar dapat turut menunjang keberhasilan penerapan konsep smart city dan mengoptimalkan manfaat Pasar Modern BSD City baik bagi pedagang maupun masyarakat secara umum.

Sinar Mas Land sebagai pengelola Pasar Modern BSD City, rutin menyelenggarakan program Pasar Rakyat School kepada para pelaku UMKM dengan berbagai macam topik. Program tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM untuk meningkatkan pendapatan serta mengembangkan bisnis mereka.

Sinar Mas Land membangun pasar modern di BSD City pada tahun 2004  di atas lahan seluas 3,2 ha. Hal ini dilakukan untuk mengangkat status Pasar Tradisional yang citranya kumuh menjadi Pasar Tradisional Modern yang lebih tertata rapi dan bersih di BSD City, sehingga dapat mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM).

Pasar Modern BSD City tahap pertama tersebut kerap dijadikan percontohan konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah dan swasta. Sejak diluncurkan hingga saat ini, Pasar Modern BSD City sudah menampung lebih dari 800 UMKM dan mampu bersaing dengan retail raksasa. Selain Pasar Modern BSD City, terdapat tiga pasar lain yang dibangun Sinar Mas Land, yakni; Pasar Tradisional Modern Intermoda, Pasar Tradisional Modern Kota Wisata dan Pasar Tradisional Modern Grand Wisata.

Pembangunan Pasar Tradisional Modern ini merupakan perwujudan komitmen Sinar Mas Land dalam memberikan kesempatan bagi UMKM dapat tumbuh berkembang di proyek-proyek Sinar Mas Land. Secara keseluruhan pasar-pasar tersebut dapat menampung 3000 UMKM sebagai binaan Sinar Mas Land.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia akan bekerja sama dengan pengembang Sinar Mas Land sebagai pengelola pasar modern di Bumi Serpong Damai (BSD), Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Kerja sama itu meliputi bantuan design engineering detail (DED) untuk beberapa tipe pasar tradisional dan sebagai komitmen Sinar Mas Land dalam mendorong para pedagang kecil,  Sinar Mas Land terus mendukung pemerintah memberikan pelatihan-pelatihan kepada para pengelola pasar rakyat, saat ini sudah mencapai ke para pengelola di 30 provinsi. Pemerintah menjadikan pasar modern BSD City sebagai “benchmark” untuk pengelolaan pasar tradisional namun memiliki standar modern.

BAGIKAN