Beranda Peristiwa Kabupaten Lebak Gelar Operasi Zebra 2017, Polres Lebak Tilang 1.650 Kendaraan

Gelar Operasi Zebra 2017, Polres Lebak Tilang 1.650 Kendaraan

420
BAGIKAN
Gelar Operasi Zebra 2017, Polres Lebak Tilang 1.650 Kendaraan

LEBAK, Pelitabanten.com – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Lebak menilang sebanyak 1.650 kendaraan selama berlangsung “Operasi Zebra 2017” guna meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas dan menekan kasus pencurian kendaraan sepeda motor.

“Kami melaksanakan operasi ini di sejumlah titik di Kota Rangkasbitung dan sekitarnya,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Lebak Ajun Komisaris Roby Heri Saputra di Lebak, Kamis (9/11/2017)

Pelaksanaan “Operasi Zebra” mulai tanggal 1 sampai 14 November 2017, namun hingga hari ke sembilan sudah menjaring kendaraan 1.650 unit. Mereka para pengemudi kendaraan yang ditilang itu karena melanggar lalu lintas di antaranya mereka tidak menggunakan helm dan kelengkapan surat kendaraan. Selain itu juga mereka tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Operasi Zebra juga mengamankan puluhan unit sepeda motor yang tidak memiliki surat kendaraan. Petugas akan mengembalikan lagi kendaraan tersebut setelah menyertakan surat kendaraan yang sah, seperti STNK.

“Kami berharap para pengendara roda dua dan roda empat agar ke depan tidak melakukan pelanggaran berlalu lintas,” katanya menjelaskan.

Menurutnya, saat ini tingkat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Lebak masih tinggi akibat pengemudi tidak menaati peraturan lalu lintas, seperti melintasi jalan dengan arus berlawanan juga tidak mengindahkan traffic light dan berkecepatan tinggi.

Selain itu juga minimnya penerangan pada malam hari juga terbatasnya pemasangan rambu-rambu lalu lintas. Sedangkan, penyebab lainnya yang menimbulkan kecelakaan akibat kerusakan infrastruktur jalan.

Jumlah kecelakaan lalu lintas sampai awal November 2017 tercatat 208 meninggal dunia. Sebagian besar kecelakaan lalu lintas itu dari sepeda motor akibat melanggar lalu lintas.

Untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas, pihaknya mengoptimalkan operasi juga sosialisasi kepada pelajar agar menaati lalu lintas. Selain itu juga memasang spanduk dan pemasangan peringatan untuk tertib lalu lintas kepada masyarakat.

“Kami berharap melalui operasi ini dapat menekan kecelakaan juga tindakan kejahatan curanmor,” katanya

BAGIKAN