Beranda Travel Alam Manfaat Sungai Cisadane dari Air Bersih Hingga Pariwisata

Manfaat Sungai Cisadane dari Air Bersih Hingga Pariwisata

480
BAGIKAN
Manfaat Sungai Cisadane dari Air Bersih Hingga Pariwisata

TANGERANG, Pelitabanten.com – Dengan adanya sungai Cisadane yang membelah Kota Tangerang memberikan manfaat besar bagi masyarakat di antaranya pemanfaatan air bersih dan pariwisata.

Pelestarian Cisadane menjadi suatu kewajiban bagi generasi penerus terutama mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa.

“Kalau  PDAM tentunya hanya pemanfaatan sungai Cisadane, bagaimana manfaatnya sungai Cisadane yang dikelola oleh PDAM saat ini sudah ada 41.000 pelanggan PDAM masyarakat kota Tangerang yang telah terlayani,” kata Sumarya, Dirut PDAM saat memberikan materi kepada mahasiswa dalam Coffe Morning di Flyng Deck Cisadane. Kamis (9/11/2017).

Untuk itu, dalam memanfaatkan Cisadane semakin besar untuk masyarakat Kota Tangerang, terlebih sampai saat ini PDAM terus mengembangkan pemasangan jaringan pipa air bersih ke berbagai wilayah.

“Sekarang memang kita sedang ada pemasang pipanisasi di zona 1 itu di kecamatan Cipondoh, Batu Ceper, Benda, dan Neglasari, ini sedang dipasang sekitar 600 KM pipa yang harus terpasang, ini tentunya tugas kita tinggal mencari pelanggan PDAM Tirta benteng,” paparnya.

Sementara itu, dari sektor Pariwisata, selama ini pesona Cisadane diwujudkan dalam bentuk kegiatan Festival Cisadane, dan sudah menjadi agenda tahunan yanh diselenggarakan oleh Pemkot Tangerang.

“Saat ini kita masih ingin mengembangkan potensi wisata air yang ada di Cisadane. Contohnya ada yang mau mengembangkan rumah makan terapung,” kata Kabid Pariwisata pada Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh.

Diterangkannya, sampai saat ini Pemkot Tangerang terus mengkaji pengembangan wisata air yang cocok di Cisadane.

“Kebetulan kali ini kan bergerak artinya tidak bisa diprediksi kapan menerima kiriman air, kapan ada hujan, tingkat keselamatan nya juga kami itung-itung kan lagi,” ucapnya.

Rizal memastikan dalam waktu dekat pihaknya akan mencoba pariwisata Jalan-jalan sungai Cisadane menggunakan perahu.

“Latarbelakangnya kemarin itu beberapa kegiatan di festival Cisadane, apabila sudah selesai kegiatannya, warga sekitar juga mencoba membuat wisata jalan-jalan di sepanjang kali itu,” tandasnya.(Ilham)

BAGIKAN