Beranda Opini Peran Kaum Intelektual Muda Dalam Pembangunan

Peran Kaum Intelektual Muda Dalam Pembangunan

458
BAGIKAN
Peran Kaum Intelektual Muda Dalam Pembangunan
ilustrasi

Pelitabanten.com – Dimasa sebelum kemerdekaan kaum intelektual terutama para kalangan intelektual muda memiliki posisi terhormat dimata kemanusiaan hingga mampu mengantarkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Posisinya cemerlang berangkat dari kekuatan ekpresif membela rakyat Indonesia yang tertindas. Hal tersebut bisa dilihat dari sejarah pergerakan – pergerakan pra kemerdekaan yang dipelopori para mahasiswa STOVIA melalui gerakan Budi Utomo, cita cita kemerdekaan Indonesia pertama kali dicetuskan orang orang terpelajar seperti Dowes Dekker, Tjiptomangunkusumo dll.

Perhimpunan Indonesia di Negara Belanda merupakan arena memperjuangkan kemerdekaan Indonesia oleh para mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di neraga kincir tersebut. Sumpah pemuda yang merupakan cikal bakal persatuan negara  Indonesia terbentuk tahun 1928 dipelopori kaum muda dan terpelajar.

Tidak terlepas dari peranannya, ketertarikan untuk mengupas keterkaitan masalah peranan pemuda dan kaum intelektual dewasa ini, melihat dari sisi aktual dan pundamental peranannya dikancah proses perjalanan bangsa Indonesia.

Secara aktual di Indonesia terjadi himpunan militer dan intelketual dalam menggerakan roda pemerintahan Negara, peranan yang makin besar yang dimainkan kaum intelektual di Indoensia dalam masalah – masalah politik, sosial, ekonomi dan kebudayaan seperti paham paham gerakan politik tanah air kebanyakan diintrodusir oleh kaum intelektual dan masalah – masalah perjuangan keagamaan perlu peranan kaum intelektual juga dildalamnya.

Adapun secara pundamental sedemikian besarnya peranan perubahan sosial dimainkan para kaum intelektual. Melihat kondisi kedua potensi diatas, tinjauan pembahasan peran intelektual muda merupakan penting sebagai lokomotif teoritis menuju perubahan yang pundamental secara nilai dan aktual dalam menjawab persoalan pembangunan bangsa hari ini.

1
2
3
4
5
BAGIKAN