Beranda Peristiwa Kabupaten Lebak Ada Kontes Kerbau di Kabupaten Lebak

Ada Kontes Kerbau di Kabupaten Lebak

571
BAGIKAN
Ada Kontes Kerbau di Kabupaten Lebak

LEBAK, Pelitabanten.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Dinas Peternakan setempat menggelar kontes kerbau untuk mendapatkan bibit unggul betina dan pejantan dari induk yang berkualitas dari masyarakat. Pelaksanaan kontes kerbau tersebut akan digelar di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Sabtu 14 Oktober 2017.

Menurut Kepala Seksi Bina Usaha Dinas Peternakan Kabupaten Lebak, Siti Samsiah mengatakan kontes ternak kerbau itu diikuti di 28 kecamatan, melalui kontes tersebut diharapkan menjaring kerbau induk yang layak dikembangkan oleh kelompok percontohan pembibitan kerbau.

“Kami berharap kedepan kelompok peternak kerbau itu menjadikan sentra bibit kerbau sehingga dapat menyuplai kebutuhan bibit bagi peternak lain di Lebak,” kata Kepala Seksi Bina Usaha Dinas Peternakan Kabupaten Lebak, Siti Samsiah di kantornya, Kamis, (12/10/2017)

Ia mengatakan berdasarkan hasil Sensus Pertanian 2013 di Kabupaten Lebak masuk peringkat urutan keempat nasional dengan jumlah populasi kerbau 33.200 ekor.

Bahkan, populasi ternak kerbau di Kabupaten Lebak hampir semua di 340 desa memiliki dua sampai empat ekor per rumah tangga peternak.

Selama ini, peternak kerbau Kabupaten Lebak sudah memasok ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban Idul Adha.

Populasi kerbau di Provinsi Banten terbesar berada di Kabupaten Lebak dan sudah masuk daerah swasembada daging.

Karena itu, pihaknya optimistis Kabupaten Lebak sebagai pemasok untuk kebutuhan daging Jabotabek.

“Dengan kontes itu untuk mendorong para peternak termotivasi untuk mengembangkan usaha ternak kerbau juga memenuhi swasembada daging,” katanya.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah kini membuka pelayanan inseminasi buatan (IB) guna mendukung program swasembada daging kerbau.

Pelayanan IB itu dipusatkan di sejumlah kecamatan, termasuk di Kecamatan Sajira dan Wanasalam. Pelaksanaan IB bekerja sama dengan Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

“Kami optimistis dengan IB ini dipastikan populasi kerbau terus bertambah dari keturunan anaknya,” katanya.

BAGIKAN