Beranda Budaya Dewan Kesenian Lebak Gelar Workshop Seni Banten Gawe Art #2

Dewan Kesenian Lebak Gelar Workshop Seni Banten Gawe Art #2

575
BAGIKAN
Dewan Kesenian Lebak Gelar Workshop Seni Banten Gawe Art #2

LEBAK, Pelitabanten.com – Perhelatan besar tahunan “Banten Gawe Art” Dewan Kesenian Banten (DKB) telah memasuki putaran tahun ke-2. Dari sekian banyak pergelaran yang dilaksanakan, Workshop Seni merupakan rangkaian acara workshop dengan membedah enam materi genre kesenian; Sastra, Seni Rupa, Sinematografi, Musik, Teater, dan Tari. Dimana DKB bersinergi dengan Dewan Kesenian Lebak (DKL) sebagai lembaga kesenian yang diberi tanggungjawab untuk melaksanakan keenam workshop tersebut.

Seremonial pembukaan yang dilaksanakan di Pendopo Museum Multatuli Jl. Alun-Alun Timur No.8, Kel. Rangkasbitung Barat, Kec. Rangkasbitung, Lebak – Banten yang dihadiri Arie Siswana, perwakilan DKB, sementara dari pihak DKL; Rubama, Ketua DKL, TB Munawar Azis, Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pameran, Mulyadi Amin, Bidang Administrasi dan Keuangan, Deden Yusuf Suhada, Komite Teater, Budi Lengket, Komite Sastra, hadir pula DC Aryadi, Tokoh Teater di Lebak, Dede Abdul Madjid, aktor yang juga guru kesenian dan sejumlah pekerja kesenian lainnya.

Workshop Seni Banten Gawe Art #2 DKB yang dipercayakan kepada DKL untuk menyelenggarakan enam rangkaian workshop setiap Sabtu dan Minggu selama 3 minggu berturut-turut yakni, Workshop Kepenulisan, Sabtu, 07 Oktober 2017, Workshop Seni Rupa, Minggu, 08 Oktober 2017, Workshop Film Dokumenter, Sabtu, 14 Oktober 2017, Workshop Musik, Minggu, 15 Oktober 2017, Workshop Keaktoran dan Artistik, Sabtu, 21 Oktober 2017, dan Workshop Tari Tradisional, Minggu, 22 Oktober 2017.

“Dalam 6 kegiatan workshop yang dilaksanakan, seluruh materi pembahasan masing-masing disampaikan secara global namun pada akhirnya akan mengerucut pada bagaimana mengusung sebuah konsep seni pertunjukan. Hal ini dimaksudkan agar dapat menarik benang merah dari setiap genre kesenian yang saling berjalin berkelindan,” kata Budi Lengket selaku ketua panitia dalam laporannya, Minggu (8/10/2017).

Kegiatan ini juga sangat diapresiasi oleh Ketua DKL Rubama dan mengucapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan DKB untuk penyelenggaraannya di kota Rangkasbitung.

“Kami segenap pengurus DKL menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan DKB kepada kami untuk penyelenggaraan workshop seni dalam rangka Banten Gawe Art #2,” ucapnya di hadapan peserta.

Dalam nuansa yang cukup sederhana ditingkahi keceriaan para peserta pembukaan workshop secara resmi dilakukan oleh perwakilan dari DKB, Arie Siswana.

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, Banten Gawe Art #2 Dewan Kesenian Banten bekerjasama dengan Dewan Kesenian Lebak dengan resmi kami buka,” ucapnya yang disambut tepuk tangan meriah oleh semua yang hadir di sore hari sehabis hujan itu.

Acara pun berlanjut dengan kegiatan pertama yakni Workshop Kepenulisan dengan Narasumber Budi Lengket bersama peserta sebanyak 30 orang lebih perwakilan dari SMA Negeri 3 Rangkasbitung, SMA Negeri 2 Rangkasbitung, SMK Negeri 1 Rangkasbitung dan SMK Setia Budhi Rangkasbitung.

BAGIKAN