Beranda Bisnis Tinjau Stasiun Batu Ceper, Menhub Budi Karya Targetkan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Rampung...

Tinjau Stasiun Batu Ceper, Menhub Budi Karya Targetkan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Rampung 25 November 2017

674
BAGIKAN
Tinjau Stasiun Batu Ceper, Menhub Budi Karya Targetkan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Rampung 25 November 2017
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan proyek Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Batu Ceper Tangerang. Sabtu (7/10/2017)

TANGERANG, Pelitabanten.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan uji coba operasi dan kemajuan proyek Kereta Bandara Soekarno-Hatta. Budi memulai perjalanan dari Stasiun Manggarai, Jakarta sampai Stasiun Batu Ceper Tangerang, Berlanjut dengan kereta Kerja Wijaya Kusuma, untuk meninjau pembangunan jalur kereta bandara. Rombongan pun berhenti sampai titik jalur yang sudah selesai dibangun, yaitu kawasan Tanah Tinggi. Sabtu (7/10/2017).

Budi Karya mengatakan perkembangan Kereta Bandara Soekarno-Hatta saat ini sudah mencapai 90 persen. Dia optimistis proyek kerja sama Angkasa Pura II dengan PT KAI tersebut selesai target pada 25 November 2017.

“Kami optimistis ini sesuai dengan target karena berikutnya 25 November sudah akan bisa beroperasi. Progres sudah mencapai 90 persen” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat tiba di Stasiun Batu Ceper, Tangerang. Sabtu (7/10/2017).

Dalam melakukan pemantauan pengerjaan kereta bandara, Menteri Perhubungan didampingi oleh Budi Noviantoro selaku Direktur Logistik dan Pengembangan PT KAI, Bambang Eko Martono selaku Direktur Pengelolaan Prasarana PT KAI, Heru Kuswanto selaku Direktur Utama PT Railink, serta Porwanto Handry Nugroho selaku Direktur Operasi dan Teknik PT Railink.

Budi Karya belum bersedia memberikan informasi pasti terkait tarif yang akan dibebankan kepada penumpang kereta bandara. Ia mengatakan, Kementerian Perhubungan akan berdiskusi dengan para pemangku kepentingan perihal tarif.

Meskipun begitu, Budi mengatakan kemungkinan tiket kereta bandara dibanderol dengan harga Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu. “Kami masih berdiskusi soal tarif. Akan kami selesaikan bulan ini,” kata Budi.

Menurut Budi, kisaran tarif tersebut wajar karena pengguna kereta bandara diperkirakan kalangan menengah atas. Kereta Bandara Soekarno-Hatta memiliki fasilitas premium. Mulai dari tempat duduk yang nyaman, full AC, wifi high speed, sampai dengan fasilitas toilet mirip di pesawat untuk setiap kereta.

Setiap rangkaian terdiri 6 kereta dengan kapasitas 272 penumpang dan semua penumpang dipastikan duduk, tidak ada yang berdiri. Sedangkan waktu tempuhnya pun relatif cepat, hanya 55 menit dengan rute Stasiun Manggarai – Stasiun Sudirman Baru- Stasiun Duri- Stasiun Batu Ceper – dan Stasiun Bandara Soekarno- Hatta.

Setibanya di kawasan Tanah Tinggi Budi Karya dicegat segerombolan anak-anak, kemudian dia menghampiri untuk berfoto bersama. Ketika foto bersama, beberapa kali Budi meneriakkan Indonesia. Kemudian teriakannya disambut oleh teriakan anak-anak tersebut.

“Indonesia!,” teriak ‎Budi. “Indonesia,” dijawab oleh anak-anak tersebut.

Setelah berfoto bersama, anak-anak tersebut menghampiri Budi untuk bersalaman. Kemudian dia bergegas menaiki kereta kerja yang hanya satu gerbong tersebut.

BAGIKAN