Beranda Peristiwa Kota Cilegon BNN Cilegon Rangkul AMPHIBI Cegah Peredaran Narkoba

BNN Cilegon Rangkul AMPHIBI Cegah Peredaran Narkoba

708
BAGIKAN
BNN Cilegon Rangkul AMPHIBI Cegah Peredaran Narkoba
ilustrasi

CILEGON, Pelitabanten.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cilegon, Banten merangkul Aliansi Pemerhati Lingkungan Hidup dan B3 Indonesia (Amphibi) untuk mencegah peredaran bahaya narkoba melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Kepala BNN Kota Cilegon Asep M Jaelani menjelaskan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan membuat sabun dari limbah diharapkan mampu menjauhkan masyarakat dari kegiatan negatif.

“Ke depannya kami tak hanya menggandeng Amphibi, tetapi juga menyelenggarakan pelatihan montir dan lainnya. Kami berharap dengan pemberdayaan ini masyarakat jadi kuat secara ekonomi sehingga bisa menjauhkan dari kegiatan negatif, seperti menjadi pengedar narkoba,” ujar Kepala BNN Kota Cilegon Asep M Jaelani. Sabtu (30/9/2017)

Ketua Amphibi Agus Salam Tanjung mengatakan selain sosialisasi pentingnya menjauhi dan mencegah peredaran naroba, masyarakat juga perlu diberdayakan agar memiliki ketahanan. “Dengan adanya bekal keterampilan diharapkan memberi tambahan penghasilan serta terciptanya lapangan kerja,” katanya.

Di Kecamatan Cibeber warga dilatih membuat sabun cair untuk cuci piring dan baju dari limbah kelapa sawit, serta berbagai manfaat lainnya dengan proses yang sangat sederhana. Agus beralasan penggunaan bahan baku limbah kelapa sawit karena sangat mudah didapat di daerah itu.

“Kami adakan pemberdayaan pelatihan membuat sabun karena sebagai pemerhati lingkungan sangat menyayangkan banyak limbah khususnya ampas kelapa sawit tidak terpakai. Makanya, agar bisa didaur ulang dan bisa bernilai ekonomi masyarakat kami latih supaya bisa produktif,” kata Agus.

BAGIKAN