Beranda Sport Pemprov Banten Akan Bentuk Klub Sepak Bola

Pemprov Banten Akan Bentuk Klub Sepak Bola

619
Pemprov Banten Akan Bentuk Klub Sepak Bola

SERANG, Pelitabanten.com – Pembentukan klub sepak bola untuk provinsi Banten akan segera direalisasikan oleh Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Kepala Dispora Banten Deden Apriandhi mengatakan, seleksi pemain bola yang rencananya dilakukan sekitar November tersebut diselenggarakan melalui kejuaraan sepak bola Piala Gubernur Banten.

“Kami sudah melakukan diskusi dengan sejumlah pihak, termasuk PSSI dan para pecinta bola. Untuk itu kami segera menyelenggarakan kejuaraan sepak bola piala gubernur Banten,” kata Deden di Serang. Jumat (29/9/2017)

Deden Apriandhi mengatakan, melalui turnamen tersebut nantinya akan disiapkan tim yang akan menyeleksi bibit pemain unggulan, sebagai langkah awal pembentukan tim sepakbola Banten.

“Dalam turnamen piala gubernur nanti akan disiapkan ‘talent scouting’ atau pemandu bakat untuk memilih pemain-pemain potensial,” kata Deden.

Dari sekitar 40 klub sepak bola dari delapan kabupaten/kota di Banten, para pemain akan diseleksi dan dipilih sekitar 25 orang pemain bola yang potensial.

“Ini hanya seleksi, nanti tim pencari bakat akan diskusi dengan PSSI untuk langkah pembinaan selanjutnya. Nama klubnya nanti apa, itu terserah pak gubernur nanti,” katanya.

Setelah dilakukan seleksi, akan dilakukan pembinaan oleh Dsipora Banten sekitar enam bulan sebelum pembentukan tim sepakbola Banten tersebut.

“Untuk karier prestasinya nanti kita diskusi dengan PSSI. Kita lakukan pembinaan sebelum mengikuti pertandingan resmi,” katanya.

Adapun anggran untuk klub sepakbola tersebut, nantinya akan diserahkan ke pengelola apakah bentuknya nanti PT atau apapun harus mencari sponsor sendiri untuk biaya operasional klub.

“Kalau masih selama pembinaan kita siapkan dari APBD, tapi kalau nanti klub sudah terbentuk secara resmi, ya nanti kita serahkan ke pengelola,” katanya