Beranda Peristiwa Kota Tangerang Kominfo Kota Tangerang Gelar Bimtek untuk Menangkal Hoax

Kominfo Kota Tangerang Gelar Bimtek untuk Menangkal Hoax

667
BAGIKAN
Kominfo Kota Tangerang Gelar Bimtek untuk Menangkal Hoax
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangerang menggelar Bimbingan teknis pengembangan dan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Ruang Aqlakul Karimah. Rabu (27/9/2017)

TANGERANG, Pelitabanten.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangerang menggelar Bimbingan teknis pengembangan dan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Tangerang yang dilakukan di Ruang Aqlakul Karimah. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai wahana penggerak untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat, Rabu (27/09/2017).

“Iya, KIM ini adalah program dari Kemenkominfo tapi satu hal bahwa dengan adanya KIM ini untuk menginisiasi masyarakat itu sendiri, jadi oleh dan untuk mereka sendiri. Nah notabenenya kelompok ini mengolah informasi dalam rangka menangkal hoax,” kata Kepala Seksi Program Subdit Kemitraan Lembaga Media pada Kementerian Komunikasi dan Informatika, Wiaji Cahyaningrum. Rabu (27/9/2017).

Kegunaan KIM ini menurutnya untuk mengelola informasi yang benar dalam rangka membantu pemerintah melalui agen-agen informasi.

“Terkadang kan informasi dari pemerintah terputus di tengah jalan, nah dengan adanya KIM ini bisa menciptakan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi pengembangan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat secara terpadu dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Dipaparkannya, bahwa Kelompok Informasi Masyarakat ini terdiri dari banyak kelompok, misalnya kelompok nelayan, petani, pemuda dan sentra UKM.

“Mereka memprakasai, membentuk dan menaungi Kelompok Informasi Masyarakat itu sendiri dalam satu wadah sehingga lebih kuat, daripada mereka berkelompok sendiri-sendiri,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang, Tabrani, menurutnya kegiatan ini menjadi penting untuk melatih mereka bagaimana nanti untuk mengenalkan kelompoknya misal dari kelompok UKM, masyarakat, kelompok pemuda atau yang lainnya.

“Misalnya dari UKM untuk mengenalkan produknya sekaligus memasarkan bukan secara konvensional tetapi melalui digital tekhnologi. Nanti kominfo menghidence dan semoga saja KIM Kota Tangerang produknya bisa dikenal dan diketahui masyarakat lebih luas,” pungkasnya.

BAGIKAN