Beranda Sport Sambut Malam 1 Suro, Pesilat Setia Hati Terate Tangerang Gelar Kirab Napak...

Sambut Malam 1 Suro, Pesilat Setia Hati Terate Tangerang Gelar Kirab Napak Tilas

1573
Sambut Malam 1 Suro, Pesilat Setia Hati Terate Tangerang Gelar Kirab Napak Tilas
Anggota Setia Hati Terate Cabang Tangeran sedang mempersiapkan acara malam satu suro, 1 Muharram 1439 H

TANGERANG, Pelitabanten.com – Menyambut datangnya tahun Islam 1 Muharram 1439 Hijriyah atau biasa disebut oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan malam 1 suro disambut gembira oleh perguruan Pencak Silat Setia Hati Terate se-cabang Tangerang, untuk napak tilas jalan bersama di padepokan maupun di ranting masing masing.

Rencananya, para pesilat akan melakukan tirakat di malam 1 suro dengan mengelar berbagai kegiatan di antaranya jilid malam dengan berjalan kaki ada juga berjalan dengan membawa obor berkeliling di perkampungan .

“Seperti tahun sebelumnya di padepokan diadakan tirakat di malam 1 suro, ada kegiatan kirap berjalan keliling kampung akan dihadiri perwakilan dari setiap  ranting. Selain di padepokan di setiap ranting juga menggelar acara tirakatan” ujar V.Bambang Hernux’s Sugiarto sebagai Ketua Cabang Setia Hati Terate Cabang Tangerang Minggu 16 September 2017 di padepokan Jl. AMD desa Lebak Wangi, Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang.

Dikatakan Bambang Hernux’s, kegiatan kirap malam 1 Suro memang rutin diadakan setiap tahun .Namun menurutnya tidak akan dikumpulkan di satu titik di padepokan, mengingat biaya dan tempat yang tidak akan bisa menampung ribuan pendekar dari berbagai ranting se-Tangerang.

“Mengingat besarnya biaya dan tempat yang kurang memadai, maka kita bagi acaranya di ranting -ranting juga menggelar acara kirap ” tambanhnya.

Kegiatan malam 1 suro sendiri dilakukan serentak di pusat Madiun dan cabang seluruh Indonesia. Untuk wilayah Cabang Tangerang sendiri meliputi 31 ranting dan 167 rayon (31 kecamatan, 167 kelurahan) yang tergabung di dalam struktur organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate di wilayah Tangerang.

“Kegitan ini serentak dilakukan baik di pusat Madiun maupun cabang se-Indonesia. Meliputi jumlah rating di cabang Tangerang ada 31 ranting  167 rayon tempat latihan, kalau jumlahnya peserta  bisa ribuan” tegasnya.

Demi kelancaran dan berjalannya acara pada malam 1 Suro, Ketua Cabang Setia Hati Terate Cabang Tangerang menghimbau kepada seluruh jajarannya terutama perwakilan pengurus setiap ranting  untuk aktif memberikan informasi kegiatan ke pengurus cabang “Kami menghimbau kepada seluruh pengurus ranting untuk mengupdate kegiatan biar kita bisa kontrol langsung, ” pungkasnya