Beranda Pendidikan Kampus Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru Unika Atma Jaya di BSD City Utamakan Nilai...

Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru Unika Atma Jaya di BSD City Utamakan Nilai Kebangsaan

366
BAGIKAN
Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru Unika Atma Jaya di BSD City Utamakan Nilai Kebangsaan
Pengenalan kampus Unika Atma Jaya BSD City ke mahasiswa baru berlangsung mulai dari 31 Juli – 2 Agustus 2017

TANGERANG, Pelitabanten.com – Ribuan mahasiswa baru Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya memadati sport hall, kampus Semanggi. Sebelum menempuh kuliah regular, para mahasiswa baru diajak untuk mengenal kampus selama tiga hari, tanggal 31 Juli – 2  Agustus 2017, dengan konten yang sudah disusun rapi oleh tim materi pengenalan kampus.

Pengenalan Kampus Unika Atma Jaya tahun ini mengambil tema Sahabat Atma Membangun Kepedulian Merajut Kebhinekaan.  Wakil Rektor Bidang 3 Kemahasiswaan Unika Atma Jaya dr.Tommy N. Tanumihardja, Sp. An menyampaikan “Yang utama dari konsep pengenalan kampus adalah jauh dari nilai kekerasan.  Selama tiga hari mereka akan diperkenalkan dengan tiga hal yaitu nilai inti Atma Jaya yaitu Kristiani Unggul Profesional dan Peduli (KUPP), semangat multikultur dan #BanggaAtma.”

“Secara resmi Saya menyambut Anda semua di Kampus 1 Semanggi, disini hadir juga mahasiswa dari Kampus 2 Pluit dan Kampus 3 BSD.   Selamat datang di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, kampus yang didirikan oleh orang-orang muda Katolik tetapi dengan semangat kebangsaan.  Buktinya adalah logo Unika Atma Jaya memuat lambang Pancasila dan Atma Jaya lahir pada hari Pancasila yaitu 1 Juni.  Kebhinekaaan dan nilai-nilai KUPP adalah semangat pokok dari kampus ini, “jelas A. Prasetyantoko, Rektor Unika Atma Jaya.

Turut hadir pada saat pengenalan kampus Wadir Binmas Polda Metro Jaya AKBP Drs.Anjar Gunadi, MM dengan membawakan materi kebangsaan “Selamat kepada adik-adik sebagai orang terpilih karena diterima sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia. Rumah NKRI harus kita jaga, jangan mengandalkan semangat primordialisme. Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila harus kita pertahankan.” tambahnya. Beliau juga menambahkan tips Learn, Do dan Lead pada mahasiswa baru

Pengenalan kampus ini berlangsung dengan lancar dan tertib. Para panitia pengenalan kampus dan fasilitator membawakan materi dengan menarik sehingga mahasiswa dapat turut aktif berpartisipasi.

Kampus 3 Unika Atma Jaya BSD City

Kampus Atma Jaya di BSD City yang baru saja secara resmi di buka pada tanggal 25 Juli 2017 lalu ini dibangun diatas lahan seluas 20 hektar. Saat ini bangunan tahap pertama seluas 3,5 hektar dapat menampung sebanyak 3000 – 3500 mahasiswa.

Kampus Atma Jaya BSD City didedikasikan sebagai Center for Human Development yang dikonsentrasikan untuk mendidik S1. Program Studi yang perkuliahannya hanya ada di Kampus 3 BSD adalah prodi dibawah Fakultas Teknik dan Fakultas Teknobiologi, serta Prodi Hospitality and Tourism Management

Prodi tersebut diberikan prioritas menempati dua gedung utama Unika Atma Jaya BSD City yang akan dilengkapi laboratorium modern. Misalnya, untuk prodi Teknik Mesin dan Manufakturmemiliki laboratorium engineering design center, aerodinamika, mekanika eksperimental. Fakultas Teknik Unika Atma Jaya saat ini adalah satu-satunya kampus swasta di Indonesia yang memiliki fasilitas lab dengan alat wind tunnel atau terowongan angin yang digunakan pada industri pesawat dan otomatif.

Untuk Prodi Teknik Elektro dan Sistem Informatika juga memiliki laboratorium telekomunikasi dan jaringan data yang menggunakan router dan switch dari Cisco dan Mikrotik yang digunakan secara luas di korporasi dan industri. Selain itu para mahasiswa akan mendapatkan sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA).  Laboratorium lainnya adalah laboratorium Mikrobiologi dan Tekno DNA untuk Fakultas Teknobiologi.

Sementara program-program studi berikut membuka kelas paralel di Kampus Semanggi dan BSD City, yaitu Manajemen, Akuntansi, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru SD, Psikologi, dan Hukum. Maka, mahasiswa bisa memilih kuliah di salah satu tempat tersebut.

Perkuliahan perdana di Kampus 3 BSD sendiri akan dimulai pada Senin, 7 Agustus 2017 nanti. Setelah program pengenalan kampus keseluruhan di kampus 1 Semanggi, akan dilanjutkan kegiatan kemahasiswaan di Kampus BSD yang puncaknya adalah pesta rakyat mahasiswa pada 17 Agustus nanti. Kegiatan pengabdian masyarakat pada masyarakat sekitar adalah salah satu fokus program kemahasiswaan.   Selain itu penerimaan mahasiswa baru Tahun Ajaran 2018 baik kampus 1 Semanggi, Kampus 2 Pluit dan Kampus 3 BSD sudah dibuka pada bulan Oktober 2017 ini.

Selain dengan faslitas kampus yang memadai, BSD City juga dapat diakses dengan menggunakan kendaraan umum seperti commuter line yang berhenti di stasiun Rawa Buntu, serta shuttle bus dengan rute Jakarta – BSD City. Selain itu untuk akses transportasi, kawasan intermoda Cisauk yang akan beroperasi tidak lama lagi nantinya akan menghubungkan  jenis angkutan umum transportasi darat (kereta dan bis) dari BSD City ke pusat bisnis di Jakarta dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Saat ini BSD City juga tengah bertransformasi menuju integrated smart digital city dengan salah satu proyeknya yaitu Digital Hub. Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land menjelaskan “ Sinar Mas Land bangga dan senang dengan kehadiran Kampus III Unika Atma Jaya di BSD City, serta saya ucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa yang telah berhasil diterima di Unika Atma Jaya. Sinar Mas Land sebagai pengembang kawasan BSD City sangat peduli dengan dunia pendidikan dan peningkatan kualitas SDM, oleh karena itu kami akan selalu mendukung kelacaran operasional Kampus III Unika Atma Jaya di BSD City. Kami berharap kehadiran Unika Atma Jaya akan berperan menjadi ‘talent pool’ bagi sejumlah perusahaan khususnya yang bergerak di bidang teknologi di Digital Hub”.

Digital Hub” adalah sebuah area yang ditujukan untuk Komunitas Digital mulai dari perusahaan- perusahaan start up, institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT, research centre, coworking space, software developer, tech company leaders, dll. Digital Hub memiliki area seluas 25,86 Ha dan terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Rencananya proyek Digital Hub yang diperkirakan menelan dana sebesar Rp 7 triliun tersebut akan mulai dibangun pada 2017 ini. Saat ini sejumlah kegiatan yang bergerak di bidang IT akan dan telah berkantor di kawasan Green Office Park seperti Apple, Huawei, MyRepublic, Sales Stock, EV Hive, Orami, Purwadhika Coding School, WGS Hub/ GeeksFarm, Unilever, dan lain-lain.

BAGIKAN